Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Kartu Telkomsel Yang Dimoderasi Oleh Brand Image Pada CV. Sinar Telekom

Tio Candra Pulungan, Mesra B.

Abstract


This study aims to determine the effect of product quality and price on the satisfaction of Telkomsel card users moderated by brand image at CV Sinar Telekom. This type of research is quantitative. The population in this study were consumers who purchased Telkomsel cards at CV Sinar Telekom. With the Accidental Sampling sampling technique using the lemeshow formula, a sample of 100 respondents was obtained. The data analysis technique used in this study is the Data analysis technique in this study uses descriptive statistical analysis and Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of this study indicate that product quality does not affect consumer satisfaction. However, price affects consumer satisfaction. In addition, brand image can strengthen the influence of product quality and price on consumer satisfaction of Telkomsel cards at CV Sinar Telekom.


Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2019). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human Decision Processes.

Ariyanti, W. P., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 85–94. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V9i1.257

Budhi, I. M. A. A., & Ekawati, N. W. (2022). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(5), 948. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2022.V11.I05.P05

Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. Segmen Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. Https://Doi.Org/10.37729/Sjmb.V17i2.6868

Caniago, C., Siregar, R. T., Julyanthry, J., & Pakpahan, G. E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderating Pada Toko Sinar Bintang Photo Pematangsiantar. Sultanist: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 21–31. Https://Doi.Org/10.37403/Sultanist.V7i2.151

Fadilla, A., Darnilawati, & Alchudri. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Internet Telkomsel Pada Masyarakat Kota Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Journal Of Sharia And Law, 3(2), 528–549.

Fiqihta, E., Kuraesin, E., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 376. Https://Doi.Org/10.32832/Manager.V2i3.3713

Firdaus, R. F., Mariam, S., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomsel. Jsma (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 14(1), 44–53. Https://Doi.Org/10.37151/Jsma.V14i1.91

Firmansyah, M A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ghozali, I., & Kusumadewi, K. A. (2023). Partial Least Squares Konsep Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 4.0. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. ., & Sarstedt, M. (2022). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem). Long Range Planning (Vol. 46). Sage: Thousand Oaks. Https://Doi.Org/10.1016/J.Lrp.2013.01.002

Kotler, P. Amstrong, K. (2019). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Nanza, N. F., & Herwanto. (2025). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Perdana Telkomsel Di Kecamatan Rajabasa. Yume : Journal Of Management, 8(1), 1377–1384.

Putu, E. S., Ketut, A. S. S. N. L., & Luh, I. N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Telkomsel Di Kabupaten Badung. Ekoma : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 5(6), 512–521. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V5i6.1854

Sondakh, M., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Pada Mahasiswa Di Desa Raanan Baru. Productivity, 3(5), 408–413. Diambil Dari Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V3/Index.Php/Productivity/Article/View/43266

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v5i3.7767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)

Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418