The Empathy Advantage Kepemimpinan Pelayan sebagai Kunci Loyalitas Pelanggan Sebagai Kerangka Good Corporate Governance

Syahrizal Efendi Lubis, Rosmidah Hasibuan

Abstract


This study aims to examine the influence of Servant Leadership and Empathy Advantage on customer loyalty as a framework of Good Corporate Governance in consumers Eiger Rantau Prapat Store, North Sumatra. Using a quantitative approach with 97 respondents, data were collected through questionnaires and observations, and then analyzed by multiple linear regression. The results showed that Servant Leadership (p-value 0.009; coefficient 1.021) and Empathy Advantage (p-value 0.005; coefficient 0.521) had a positive and significant effect on customer loyalty. However, the moderating effect of the interaction of the two is not significant (p-value 0.532), so they work independently. Simultaneously, both variables explained 44.6% variation in customer loyalty. These findings indicate the importance of establishing two parallel strategies, namely the development of empathic capacity of leaders and the implementation of servant leadership systems, to increase customer loyalty in a sustainable manner.


Full Text:

PDF

References


Alamanda, Y. (2018). PENGARUH HARGA DIRI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273–279. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570

Ariningtyas, E., & Rachmawati K, I. A. K. (2020). MENGUJI PENGARUH KERAGAMAN MENU, KUALITAS PRODUK, STORE ATMOSPHERE, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI WEDANGAN JIMBOENG. Excellent, 7(1), 115–123. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.670

Dhammaputta, R. K., & Silaban, B. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK,DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KLUB BUGAR GEMBIRA. EMABI: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–10.

Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 130–146. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.10

Esha, D., & Pratama, P. (2021). PENGARUH INOVASI PRODUK, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ROTI BAKAR 88 KUTABUMI TANGERANG. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 17–28. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jmb/article/view/6129

Hasanah, N., & Jamilah. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH MAKAN OLA AMUNTAI. Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.36658/ijan.5.1.102

Hasibuan, R. M., Harahap, F., & Lubis, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CAFE VANILLA PANYABUNGAN. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS), 4(3), 175–182.

Hidayat, R., Arief, M. Y., & Pramesthi, R. A. (2022). PENGARUH FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CAFE SKY GARDEN WONOBOYO DI BONDOWOSO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(10), 2141. https://doi.org/10.36841/jme.v1i10.2262

Hotima, S. H., & Sufa’ati, S. (2021). ANALISIS STRATEGI INOVASI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK OLAHAN DAUN KELOR PADA CV. KREATIF MARONGGIH CENTER COMMUNITY. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 20(1), 94. https://doi.org/10.37849/midi.v20i1.208

Jannah, C., & Alhazami, L. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CV. SUMBER GARUDA MAS. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(2), 029–045. https://doi.org/10.55606/jurrie.v1i2.361

Kelvinia, Maya Putra, M. U., & Efendi, N. (2021). PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795

Lidya, W. A., D, M. J. D., & Hendra, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS MAKANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN IKAN BAKAR KINAMANG. Emba, 9(3), 1277–1285.

Mentang, J. J. ., Ogi, I. W. ., & Samadi, R. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MARINA HASH IN MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal EMBA, 9(4), 680–690. file:///C:/Users/USER/Documents/proposal/jurnal/PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN MARINA HASH IN MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Mukti, R. W., Kristanti, D., Putra, Y. P., & Nursamsu. (2022). PENGARUH HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO KEDIRI. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 3(1), 51–63. https://doi.org/10.30737/risk.v3i1.3775

Mulyana, S. (2021). PENGARUH HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE PADA SHOPEE DI PEKANBARU. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665

Pratiwi, M. I., & Patrikha, F. D. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN SE’I SAPIKU SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga ( JPTN ), 9(3). https://doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3464

Rusdianto, R., Subiyanto, S., & Arini, A. (2022). PERANAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PONDOK ”AROMA VEGETARIAN. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(3), 163–180. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i3.781

Sijabat, R. (2020). ANALISIS PERAN MEDIASI HARGA TERHADAP ASOSIAASI COUNTRY OF ORIGIN, PERCEIVED QUALITY, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen, 17(1), 57–80. https://doi.org/10.25170/jm.v17i1.1779

Syarif, S. H. (2022). PENGARUH HARGA, LOKASI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG STEAK JALAN T. AMIR HAMZAH MEDAN. Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen, 14(1), 19–28. https://doi.org/10.51179/eko.v14i1.1039

Wijaya, W. R., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA RESTORAN ABC DI PANTAI INDAH KAPUK). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(3), 82–91.

Yufiter, H., & Islamuddin. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DAILYCIOUS CAFÉ RESTO KOTA BENGKULU. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 5(2), 213–222.

Zulfa, N., Arief, M. Y., & Harisandi, Y. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN CITA RASA DALAM MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN LESEHAN IKAN BAKAR BU TATIK DI KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. 1(4), 713–728.




DOI: https://doi.org/10.36987/jumsi.v5i3.7926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI)

Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JUMSI/index
Journal DOI: 10.36987/jumsi
E-ISSN: 2774-4221

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418