PENGARUH STRES KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Basyarul Ulya

Abstract


Prestasi kerja pegawai merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan untuk mencapai, sehingga berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkannya. Seorang pegawai disetujui memiliki prestasi dalam bekerja, jika beban kerja yang ditentukan atau jika disetujui hasil yang lebih tinggi dari yang ditetapkan perusahaan. Kondisi ini disebut prestasi pegawai dalam kategori terbaik. Tuntutan yang tidak mampu dikendalikan oleh setiap pegawai akan menarik perhatian pada diri pegawai dan jika tidak dapat diatasi maka pegawai tersebut memperbaiki stres. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, wawancara dan kuesioner.Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang ada di teliti yaitu: Variabel Independen (variabel bebas) dan Variabel Dependen (variabel yang diperoleh). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, melalui uji F dan uji t dengan tujuan untuk menguji hubungan variabel bebas terhadap variabel tergantung pada tingkat kepercayaan 95% (ï¡ = 0,05). Dari hasil uji serempak (uji F) bahwa nilai Fhitung (287.548)> Ftabel (3,315) pada alpha 5% maka disimpulkan bahwa variabel stres kerja dan semangat kerja berpangaruh positif dan signifikan terhadap hasil kerja. Stres kerja dikonseptualisasi dari beberapa titik pandang, yaitu stres sebagai stimulus, stres sebagai respons dan stres sebagai stimulus-respons. Stres sebagai stimulus merupakan yang menitikberatkan pada Lingkungan. Definisi stimulus melihat stres sebagai kekuatan yang mendorong individu untuk memberikan tanggapan terhadap stresor. Terkait dengan stres yang berkaitan dengan interaksi antara stimulus Lingkungan dengan respons individu. Kata Kunci: Stres kerja, Semangat kerja, Prestasi, Pegawai

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:PI Refika Aditama.

Fraser, TM. 1992. Stres Dan Kepuasan Kerja. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ginting, Paham & Situmorang, Syafrizal Helmi. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua

Gibson, Ivancevich, Donelly. 1996, Stres Dan Kepuasan Kerja. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Gitosudarmo, Indriyo dan I Nyoman Sudita. 2000. Perilaku Keorganisasian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: PT. BPFE.

Hariandja, Marihot Tua Effendi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke sembilan. Jakarta: PT Grasindo Mangkunegara,

Hasibuan, Malayu SP, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, P. Stephen.2007. Perilaku Organisasi (Konsep, Kontroversi dan Aplikasi), Penerbit Prenhallindo, Jakarta.

Sekaran, Umar. 2006. Reseacrh Methdos for Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Bisnis pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Siswanto, B. Sastrohadiwiryo. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratif dan Operasional). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Dalimunthe Ja'far M Doli. 2009. Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Medan: USU Press.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36987/jiad.v4i1.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is also a member of and subscribes to the principles of the Committee on Publication Ethics. 

 

Lisensi Creative Commons

All publications by Jurnal Ilmiah Advokasi [p-ISSN: 2337-7216] [E-ISSN: 2620-6625] is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)

Â