( PANDANGAN MASYARAKAT SUKU SAKAI TERHADAP SISTEM PEWARISAN MENURUT HUKUM ADAT DI KECAMATAN MANDAU, KABUPATEN BENGKALIS, PROVINSI RIAU )

Fatma Yulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara tepat kinerja sistem pewarisan menurut Hukum Adat masyarakat Suku Sakai, di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Data primer dikumpulkan dengan wawancara mendalam semi terstruktur, sedangkan data sekunder ditemukan oleh studi bahan dokumen. Lokasi penelitian di Kabupaten Mandau, Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Desa Pematang Pudu, Desa Petani dan Desa Kesumbo Ampai. Sampel responden dalam penelitian ditentukan secara purposive sampling. Ada 30 responden dan 7 informan kunci dalam penelitian ini. Data dari perpustakaan dan penelitian lapangan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, yaitu: kinerja sistem pewarisan sesuai dengan Hukum Adat di Komunitas Suku Sakai, di Kabupaten Mandau, Kabupaten Bengkalis menunjukkan kombinasi antara hukum waris secara kolektif-kolektif. Hal-hal ini dapat dilihat dari sistem keluarga atau relatif yang menunjukkan budaya gabungan antara sistem Matrilineal dan Parental, selain itu juga dilandasi oleh preferensi masyarakat tradisional yang dipengaruhi oleh Hukum Islam. Kata Kunci: Sistem Warisan, Hukum Adat, Komunitas Suku Sakai

Full Text:

PDF

References


Literatur

Hadikusuma, Hilman, 2003, Hukum Waris Adat, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Hadi, Sutrisno, 1987, Metodelogi Research, Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Suparlan, Parsudi, 1995, Orang Sakai di Riau Masyarakat Terasing Dalam Masyarakat Indonesia, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Vredenbreght Jacob, 1985, Pengantar Metodologi Untuk Ilmu-Ilmu Empiris, PT. Gramedia, Jakarta

Wiranata, I Gede A.B, 2005, Hukum Adat Indonesia (Perkembangan dari Masa ke Masa), PT Citra Aditya Bakti, Bandung.

Peraturan perundang-undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan

Yurisprudensi Mahkamah Agung Tentang Hak Waris Janda

Data Elektronik

- Http//www.google.com

- Http//www.riaupos.com




DOI: https://doi.org/10.36987/jiad.v2i1.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is also a member of and subscribes to the principles of the Committee on Publication Ethics. 

 

Lisensi Creative Commons

All publications by Jurnal Ilmiah Advokasi [p-ISSN: 2337-7216] [E-ISSN: 2620-6625] is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)

Â