PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING (GNT) DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO PADA SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PEMDA

Anggi Oktapia Daulay, Dini Hariyati Adam, Siti Suharni Simamora

Abstract


Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian pretest posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Torso terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa terkait materi Sistem Gerak Pada Manusia Penelitian ini menggunakan dua sampel, yaitu kelompok eksperimen yang menggunaan metode Guided Note Taking berbantuan medi Torso dan kelompok kontrol yang menggunakan materi sistem gerak pada manusia Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes,observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa data hasil belajar aspek kognitif,afektif, dan psikomotorik. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji t, uji ketuntasan belajar dan uji korelasi biserial. Uji t menunjukkan hasil t hitung (2,989) lebih darit(0,95)(62) (1,998) artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.Hasil uji ketuntasan belajar menunjukkan kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji korelasi dengan angka korelasi sebesar 0,45 dan uji koefisien deter minasi diperoleh angka sebesar 19,81%. Disimpulkan metode pembelajaran Guided Note Taking berbantuan media Torso berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa terkait materi sistem gerak pada manusia.
Kata Kunci: Guided Note Taking, Sistem Gerak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.