HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 10 RANTAUPRAPAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Ria Pamula Sinta, Maharani Gultom, Zunaidy Abdullah Siregar

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelasx sma muhammadiyah 10 rantauprapat. Sampel penelitian ini adalah siswa x mia1 dan x mia2 yang masing-masing
kelas berjumlah 42 siswa. Metode: Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi.. Hasil:. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas X SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat Tahun Pelajaran 2018/2019
menyatakan bahwa terdapat pengaruh hubungan pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil uji hipotesis yaitu t, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa. Rata-rata hasil angket untuk pola asuh orang tua lebih tinggi.
Kesimpulan: Berdasarkan uji Independent Sample T Test menunjukkn bahwa hipotesis alternative (H") dapat diterima dan hipotesis nihil (H$) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat
Kata kunci : Hasil Disiplin Belajar, Bimbingan orang tua

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v3i1.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN