PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISI ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperimental, populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Torgamba Tahun Pembelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling dimana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Terdapat pengaruh hasil belajar setelah menggunakan media berbasis Adobe Flash dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,14 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,33. Dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2.169 > 1.684 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan media Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMP Negeri 5 Torgamba tahun pembelajaran 2018/2019 sedangkan untuk pengaruh perlakuan media (effect size) sebesar 0,67 termasuk dalam katergori sedang.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v3i2.1715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN