PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 2 PANGKATAN

Popy Resi Yanti, Nurhakima Ritonga, Dini Hariyati Adam

Abstract


Tujuan!penelitian!ini!adalah!untuk!mengetahui!Pengaruh!Pendekatan!Pembelajaran!Jelajah!Alam!Sekitar!
(JAS)! Terhadap! Hasil! Belajar! Siswa! Pada! Materi! Ekosistem! di! Kelas! X! SMA! Negeri! 2! Pangkatan! Tahun!
Pembelajaran!2017/2018.!Jenis!penelitian!ini!adalah!quasi!eksperimen..!Populasi!penelitian!ini!adalah!seluruh!siswa!
kelas! MIA! (X)! SMA! Negeri! 2! Pangkatan! Tahun! Pembelajaran! 2017/2018.! Sampel! dalam! penelitian! ini! ditentukan!
secara!total! sampling.! Jumlah! kelas! yang!diambil!adalah!2! kelas.!1! kelas! sebagai! kelas!eksperimen! yaitu! kelas!X!
MIA! 1 yang!berjumlah!35!orang!dan! kelas! kontrol! yaitu! kelas!X!MIA! 2 yang berjumlah!35!orang,! sehingga! sampel!
dalam! penelitian! ini! berjumlah! 70! orang.! Perolehan! Hasil! belajar! siswa! menggunakan! model! pendekatan!
pembelajaran! jelajah! alam! sekitar! pada!materi!Ekosistem! kelas!X!SMA!Negeri! 2!Pangkatan! Tahun!Pembelajaran!
2017/2018!pada!kelas!ekperimen!sebesar!80,43!dengan!kategori!baik!dengan!standar!deviasi!107,667.!Sedangkan!
perolehan!nilai!rataVrata!pada!kelas!kontrol!72,14!dengan!kategori!cukup!baik!dengan!standar!deviasi!6,891.!Teknik!
analisis! data! dengan! uji! t! dengan! taraf! signitifkan! 0,05! dengan! df! (34)! di! peroleh! nilai! thitung sebesar! 5,900! nilai!
ttabel sebesar!1,691,!Ha!diterimah!dan!Ho!di!tolak.!Jika!thitung!>!ttabel=!5,900!>!1,691!artinya!terdapat!pengaruh!
model!pembelajaran!jelajah!alam!sekitar!(JAS)!terhadap!hasil!belajar!siswa!pada!materi!ekosistem!kelas!XSMA!N2!
Pangkatan.
Kata$Kunci$:$Pendekatan$Pembelajaran,$Jelajah$Alam$Sekitar$(JAS),$Hasil$Belajar



DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v3i2.1723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN