PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELASVIII SMP N 4 SATU ATAP KAMPUNG RAKYAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Yuliana Sari Dewi Nasution

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perhatian orangtua terhadap pendidikan anaknya. Bimbingan dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan oleh anaknya dalam proses pencapaian prestasi
belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, adakah pengaruh bimbingan, pengawasan, motivasi, pemenuhan kebutuhan orangtua terhadap hasil belajar siswa.Pendekatan penelitian menggunakan
metodekualitatif deskriptif. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 4 Satu Atap Kampung Rakyat, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji regresi sederhana (uji t) dan regresi berganda (uji f).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA kelas VIII A dan B SMP N 4 Satu Atap Kampung Rakyat TA 2018/2019 yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (86,370> 1,993). Nilai signifikansi t, lebih besar dari pada probabilitas 0.381> 0,05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan pengawasan orangtua (85.803> 1,993). Nilai signifikansi t, lebih besar dari pada probabilitas0.621 >0,05. (3) motivasi (82.373 > 1,993). Nilai signifikansi t, lebih kecil dari pada probabilitas0, 0.517> 0,05. (4) pemenuhan (80.664> 1,993).Nilai signifikansi t, lebih besar dari pada probabilitas0.381>0,05.(5) Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan bimbingan, pengawasan, motivasi, dan pemenuhan belajar orangtua terhadap hasil siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII A dan B SMP N 4 Satu Atap Kampung Rakyat TA 2018/2019 yang ditunjukkan Fhitung (80,864) > Ftabel (3,120). Tingkat signifikansi 0, 284>0,05.
Kata kunci :pelajaran ipa , pengaruh orangtua,partisipasi dan motivasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.