PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATRIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP BUDAYA CIKAMPAK MATERI PELUANG

Friska Wati Simorangkir, Nurlina Ariani Harahap, Eva Julyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini dilakukan di SMP Budaya Cikampak dengan materi Peluang di kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments untuk mencari tahu peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek peneliti dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan control sebagai populasi dari seluruh siswa SMP Budaya Cikampak dengan sampel kelas VIII A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 30 siswa sebagai kelas control. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai april 2019. Intrumen yang digunakan berupa soal uraian. Dari hasil analisis statistik pada menunjukan bahwa thitung = 3,87 dan ttabel = 1,67 untuk taraf signifikan 5% dari nilai tersebut thitung > ttabel, berarati hasil analisis berada pada daerah Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan diterimanya Ha berarti kemampuan berpikir kreatif matematika melalui model team games tournament (TGT) lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Budaya Cikampak.
Kata kunci : kemampuan berpikir kreatif, Teams Games Tournament (TGT)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.