PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VII MTS ISLAMIYAH SUBULUSSALAM SUMBERJO

Devyana Sari, Nurlina Ariani Harahap, Eva Julyanti

Abstract


Pemahaman konsep merupakan jenis hasil belajar yang lebih tinggi dari pada pengetahuan, matematika merupakan pembelajaran yang menghubungkan banyak konsep, dalam matematika konsep saling
berkaitan antara satu dengan lainnya, hal ini terlihat karena siswa sulit untuk bisa memahami suatu materi lanjut jika tidak mampu memahami konsep materi prasyarat sebelumnya . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Islamiyah Subulussalam Sumberjo Tahun Ajaran 2018/2019 pada materi Aritmatika Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Islamiyah Subulussalam Sumberjo April 2019 pada siswa kelas VII. Sampel yang digunakan adalah 36 siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas VII-2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest yang telah divalidkan dalam bentuk soal uraian. Terhadap data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pretest dan posttest di kelas VII-1 secara berurutan adalah dan Hasil pretest dan posttest di kelas VII-2 secara berurutan adalah dan Pada uji hipotesis yang menggunakan uji t satu pihak dengan menggunakan hasil data posttest di kedua kelas diperoleh dan . Karena, sehingga ditolak dan diterima maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran simulasi lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII MTs Islamiyah Subulussalam Sumberjo.
Kata Kunci : Metode Simulasi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.