MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTs. SWASTA AL- WASHLIYAH SIGAMBAL TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Desi Listama Sari Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Miskonsepsi siswa pada konsep Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. penelitian dilakukan di kelas VII MTs. Swasta Al-Washliyah Sigambal tahun pelajaran 2018-2019. Desain
penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif sederhana, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1, VII 2, VII 5 yang dipilih dengan menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 113 siswa. Data kuantitatif diperoleh dari soal Tes Diagnostik 20 soal pilihan berganda dengan tingkat keyakinan atas jawaban yang dipilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup yaitu sub konsep K5 ( -0,79 ) memahami kunci determinasi dan penggunaannya dengan kriteria rendah dibawah -1. Sedangkan pada K1 ( 1,378 ) pengertian klasifikasi makhluk hidup, K2 ( 1,064 ) Tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup, K3 ( 0,56 ) Macam-macam klasifikasi makhluk hidup, K4 ( 1,465 ) Sistem penamaan
binomial nomenklatur tidak terjadi miskonsepsi.
Kata kunci : Miskonsepsi,Materi klasifikasi makhluk hidup

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v4i1.1742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN