PERBEDAAN KONSEP MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN DITINJAU DARI GENDER MANUSIA

Lailan Nurlisyah Siregar, Rahma Muti'ah, Eva Julyanti

Abstract


Umumnya dalam suatu kelompok khususnya pelajar di suatu sekolah tentunya terapat siswa laki-laki dan perempuan. Begitu juga pada MTs Subulussalam Sumberjo Labuhanbatu Selatan (Labusel). Pelajar pada sekolah tersebut pada saat ini berjumlah 208 orang yang terdiri dari 103 siswa dan 105 siswi. Saat ini pelajar yang berada pada tingkat kelas VII berjumlah 69 orang. Dalam proses pengajaran oleh pada guru ditemukan beberapa kecendrungan pada siswi (pelajar perempuan) dalam memahami dan menerima transfer ilmu pengetahuan. Dimana setiap tahunnya yang menjadi juara adalah siswi (pelajar perempuan). Meskipun pada perinsipnya, sistem dan cara pembelajaran yang diberikan adalah sama, begitu juga dari sisi kehadiran siswa-siswi tersebut. Akan tetapi terdapat perbedaan yang menonjol pada pemahaman konsep
khususnya matematika dan pengetahuan yang dimiliki siswa. Untuk itu dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika dan pengetahuan matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat pengumpulan data test hasil belajar pada siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VII pada MTs Subulussalam Sumberjo dengan jumlah populasi sekaligus sampel 69 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pengetahuan dan tes pemahaman konsep. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, dan juga nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 pada pengetahuan matematika yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada pengetahuan matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan pada MTs Subulussalam Sumberjo.
Kata Kunci : Pengetahuan Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Gender

Refbacks

  • There are currently no refbacks.