PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP N 1 PULAU RAKYAT

Dwi Wulan Tristiana, Islamiani Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran matematika dengan software geogebra lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Pulau Rakyat dengan jumlah populasi 184 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran matematika dengan software geogebra, kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas dengan uji Levene. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan Uji–t independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran matematika dengan software geogebra lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Pulau Rakyat. Siswa dengan perlakuan pembelajaran matematika dengan software geogebra, memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika dengan Software Geogebra, Kemampuan  Berpikir Kreatif


References


Farihah, Ummi (2015). Pengaruh Program Interaktif Geogebra terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Persamaan Garis lurus. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 1(1), 7-19.http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/436.

Fitriyani, W & Sugiman (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL berbantuan GeoGebra. Jurnal Riset pendidikan Matematika. 1(2), 268-283.

Hohenwarter, M., et al. 2008. Teaching andLearning Calculus with free Dynamic mathematics sofware GeoGebra. http://archive.GeoGebra.org/static/publications/2008-ICME-TSG16-Calculus-GeoGebra-Paper.pdf

Mobe, Ferdinandus, & Abis, A. M (2017). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Beripkir Kreatif. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(1), 7-12.

Nurlaela, Lutfiyah dan Euis Ismayanti. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Standar Isi, h. 345.

Rahman. Rizky (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan self-concept siswa. Tesis M.Pd tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Roy, Paulus (2016). Pembelajaran Geometri berbantuan Geogebra dan Cabri ditinjau dari Prestasi Belajar, Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 59-68.




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.