UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IX-4 SMP N 3 KUALUH SELATAN

Portiana Siburian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX-4 SMP Negeri 3 Kualuh Selatan dengan penerapan model pembelajaran Example Non Example. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Partisipan adalah siswa kelas IX-4 SMP Negeri 3 Kualuh Selatan, sebanyak 35 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Example Non Example, observasi terhadap siswa dan guru, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi lengkung dikelas IX-4 SMP N 3 Kualuh Selatan yang terbukti adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Peningkatan pemahaman konsep siswa dimana pada pra siklus dengan rata – rata kelas 53,21, persentase ketuntasan 42,85% mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata – rata kelas 80.54, persentase ketuntasan 80.3% dan pada siklus II dengan rata- rata kelas 86,11 persentase ketuntasan 86%. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan yaitu ketuntasan diatas 85%.


References


Mulyono Abdulrahman. 1996. Pemdidikan Bagi Anak Berkesuliatan Belajar.

Jakarta ; Rineka Cipta.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam kurikulum 2013. Yogyakarta; AR – RUZZ MEDIA.

Asik belajar.Com/helen-adam–keler/akmapala 09.Blogspot.com/2011/10 pengertian–pemahaman–menurut–para–ahli.Html.

Arif harianto. Wordpress.com / 2013 / 04 / 03 kata – pengantar – proposal – ptk / eprints . umk. Ac . id / 1794 / 4 / BAB III. Pds.

Fatkhan. Web. Id / model – pembelajaran – examples – non – examples /.

Google. Com / search ? safe = stric dan sxsrf = alekk 03 dm source = hp danei = swd wxozk fov D3 lu pi5CJ6AS dan q = indika. Tor + pemahaman.

Indonesia, 2018. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Matematika / kementrian pendidikan dan kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Gramedia.

Idschool. Net / contoh – soal – bangun – ruang – sisi – lengkung – matematika – smp – 1/.

Jurnal Taman Vokasi. Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example. Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar – dasar Pemesinan – c; / users / notebook / download / 2866- 4398 -1- SM% - 2003 PDF.

Ejurnal upi. Edu / indeks. Php / Mimbardiksar / article / view / 7894. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Pembelajaran Example Non Example (konswara)

C; / users / Notebook / downloads / mardi. Pdf. Jurnal Internasional.

Kunnandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Karya tulisku.com / 2017 / 10 / pengertian hasil belajar – dan jenis – jenis – hasil – belajar. Ht ml.

Laode syamri. Net / 2015 / 01 / 02 / definisi – konsep - menurut para – ahli. Budi Utomo, Masduki Ichwan 2007. Matematika untuk SMP dan MTs Kelas IX. Pusat perbidiukuan departemen Pendidikan Nasional, PT. INTAN PARIWAR. Matematika ; Buku Guru 2018 / Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi Jakarta: Gramedia.

Ngalimu, S.P.d, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Banjar Masin Ngaglik.

Slemen yogyakarta ; Aswaja Presindo.

Sayekti, 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi fungsi komposisi melalui pembelajaran Example Non Example, Tulung Agung.

Wina, Sanjaya 2006. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta; Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.