Implementation Of Multicultural Values In Efforts Building An Attitude Of Tolerance In Students Class XI State High School 1 Bilah Barat

Juli Apriani Hasibuan, Siti Zahara Saragih, Panggih Nur Adi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui  Upaya-upaya guru PPKn membangun sikap toleransi di SMA Negeri 1 Bilah Barat; (2) Untuk mengetahui Implementasi nilai-nilai multikultural dalam upaya membangun sikap  toleransi peserta didik di SMA Negeri 1 Bilah Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, peneliti dapat mendeskripsikan beberapa fakta di lapangan untuk menggambarkan hasil penelitian, berupa temuan umum dan temuan khusus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya guru PPKn membangun sikap toleransi di SMA Negeri 1 Bilah Barat dengan (a) Penanaman nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran, dengan melakukan upaya untuk mencegah tumbuhnya intoleran yang mengarah pada radikalisasi dan menumbuhkan kesadaran toleransi dalam kehidupan beragama; (b) Menghormati dan menghargai perbedaan melalui pembiasaan baik dan keteladanan. Pembiasaan ini lakukan disetiap pembelajaran khususnya pelajaran PPKn yang dimulai dengan mengucap salam dan berdoa menurut keyakinan masing-masing, memastikan bahwa kelas dalam keadaan tertib dan bersih, selanjutnya dalam proses pembelajaran guru selalu merespon dan memperhatikan setiap siswa, guru menggunakan metode pembelajaran yang variatif; (c) Kesetaraan. Perolehan data lapangan oleh peneliti bahwa kesetaraan yang dilakukan guru adalah dengan tidak membeda-bedakan siswa dalam semua kegiatan sekolah, baik kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. (2) Implementasi Nilai-nilai Multikultural dalam Upaya Membangun Sikap  Toleransi Peserta didik di SMA Negeri 1 Bilah Barat adalah  Nilai-nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Bilah Baratyaitu terciptanya suasana pembelajaran PPKn yang kondusif dikarenakan materi pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasi terhadap perbedaan yang ada. Seperti halnya pendidikan juga berfungsi untuk menanamkan pemahaman kepada peserta didik bahwa hidup dalam lingkungan yang plural merupakan takdir Tuhan yang tidak mungkin terelakkan. Upaya sekolah dalam membangun dan menguatkan nilai-nilai multikultural dalam upaya membangun sikap toleransi siswa adalah melalui dua kegiatan yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler. 



DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v5i1.5921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.