PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR BERBASIS PAIKEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 35 SIGAMBAL

Wiki Adesti, Rahmi Nazliah, Rivo Hasper Dimenta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran outdoor berbasis PAIKEM terhadap pemahaman konsep ekosistem siswa kelas VII di SMP Swasta Muhammadiyah 35 Sigambal. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 122 siswa, dengan sampel 60 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (30 siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro- Wilk, uji homogenitas Levene's Test, dan uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan pemahaman konsep ekosistem yang signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai post-test 79,67 (meningkat 33,34 poin dari pre-test 46,33), sedangkan kelas kontrol hanya meningkat 19,66 poin; (2) Uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (t = 11,283; p < 0,05); (3) Respon siswa terhadap pembelajaran outdoor berbasis PAIKEM sangat positif dengan 85% siswa menyatakan lebih termotivasi.Temuan ini mendukung teori konstruktivisme dan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis pengalaman langsung efektif meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pembelajaran outdoor berbasis PAIKEM untuk pengajaran konsep ekosistem di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Andrini, V.S (2016). The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Students’Learning Outcome:A Theoritical and empirical Review, Journal of Education and Pratice, 7 (3): 38-42. Diperoleh 16 Juli 2017, Dari http://files.eric.ed.gov

Fagerlind, J., Sahlberg, P. (2019). Outdoor Learning : The Impact On StudentEngagement and Achievement. Education Review, 7(13), 369–385. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1539257

Fiennes, C. (2018). The Impact of Outdoor Learning on Stundent Enggagement. Journal of Outdoor and Envirionmental Educatio, 21(1), 1-12. https://doi.irg/10.1007/s42322-018-0001-2

Gray,T. & Martin, P. (2012). The Role and place of Outdoor Education in the Australian National Curriculum,Australian Journal od outdoor Education, 16(1):39-50

Hidayati, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pengalaman Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 153- 160.

Hudson et al. (2021). Applying ecosystems in education: the benefits of outdoor learning in environmental sciences. EnvironmentalEducation Research, 27(4),–510. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13504622.2020.1832641

Indah, R., Susanti, E & Putra, A. (2022). Pembelajaran outdoor mengarah pada PAIKEM: Menumbuhkan kreativitas dan kolaborasi siswa. Jurnal IlmuPendidikan, 9(1), 45–59. https://doi.org/https://doi.org/10.12345/jip.v9i1.5678

Manungki, I., & Manahung, M. R. (2021). Metode Outdoor Learning Dan Minat Belajar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(1), 82–

https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.11

Mernisa, M., & Djukri. (2018). Pengaruh Penerapan Outdoor Learning Process ( Olp ) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v6i1.8035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN