PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR (FUNGI) DI KELAS VIII SMP NEGERI 05 SATU ATAP PANAI HILIR

Suryanti Sarmauli Hasibuan

Abstract


Suryanti Sarmauli Hasibuan: Pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa  pada materi jamur (fungi) kelas VIII di SMP Negeri  05 satu atap  Panai hilir. Universitas Labuhanbatu. FKIP. Rantauprapat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengunaan media visual pada materin  jamur, 2. Hasil belajar siswa pada materi jamur, 3. Pengaruh yang signifikan antara pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya,          hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas control yang diajarkan tanpa menggunakan media visual memiliki nilai rata- rata tes akhir sebesar : 69.44 dan kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media visual memiliki nilai rata-rata tes akhir sebesar : 76.44. Artinya, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media visual lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media visual. Terdapat pengaruh yang fositif  terhadap hasil belajar biologi jamur siswa yang diajar kan dengan menggunakan media visual di kelas VIII-2 SMP Negeri 05 Satu Atap Panai HIlir. Hal ini dibuktikan uji “t” pada kedua kelas dengan data nilai tes akhir yang menunjukkan bahwa t hitung = 4.925 dan t tabel = 1,666 karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha di terima.




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v6i1.8037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN