PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI JAMUR ( FUNGI ) DI KELAS VIII MTS NEGERI 03 LABUHANBATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pengunaan media gambar pada materin jamur, 2. Hasil belajar siswa pada materi jamur, 3. Pengaruh yang signifikan antara pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi jamur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar memiliki nilai rata- rata tes akhir sebesar : 69.44 dan kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media gambar memiliki nilai rata-rata tes akhir sebesar : 76.44. Artinya, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gamabr lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar. Terdapat pengaruh yang fositif terhadap hasil belajar IPA pada materi jamur yang diajarkan dengan menggunakan media gambar di kelas VIII-2 di MTS Negeri 3 Labuhanbatu. Hal ini dibuktikan uji “t” pada kedua kelas dengan data nilai tes akhir yang menunjukkan bahwa t hitung = 4.925 dan t tabel = 1,666 karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha di terima.
DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v6i1.8040
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)
Indexed by:
JMAPEN