PERAN GURU PPKN DALAM MEMBENTUK RASA TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Inayah Alpatihah, Agus Anjar, Junita Junita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam pembentukan sikap tanggung jawab siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn berperan penting dalam membentuk sikap tanggung jawab siswa melalui berbagai strategi, seperti pemberian contoh teladan, pengintegrasian nilai-nilai moral dalam pembelajaran, serta pengelolaan lingkungan kelas yang kondusif. Selain itu, penerapan metode diskusi, studi kasus, dan proyek kelompok mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung keberhasilan meliputi dukungan dari lingkungan sekolah dan kerjasama dengan orang tua. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru PPKn dalam membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab sebagai bagian dari pendidikan karakter di sekolah.




DOI: https://doi.org/10.36987/jmapen.v6i1.8042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JURNAL MAHASISWA PENDIDIKAN (JMAPEN)


Indexed by:




















JMAPEN