PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) DAN TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDU ALIZATION ) TERHADAP PELAJARAN PKN KELAS X1 SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU RANTAUPRAPAT TAHUN AJARAN 2016/2017.

Surtiani Manurung Mila Nirmala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode STAD; (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode TAI; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode STAD dan TAI pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas XI Sma Negeri 1 Rantau Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (quasi eksperimen) dengan pretest posttest equivalent group design (design kelompok pretes postes). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dalam 8 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan oleh expert judgement, untuk soal tes menggunakan analisis butir soal dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas. Untuk uji prasyarat analisis, uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t polled varians dua sample independen. Hasil penelitian: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode STAD rata-rata nilai hasil belajar adalah 75,16; (2) Hasil belajar siswa menggunakan metode TAI adalah 62,66; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara metode STAD dan TAI.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)