Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkat Hasil Belajar PKn Siswa dikelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu.
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan, dimana terdapat siswa-siswi yang minat belajar rendah khususnya kelasVII2, dimana siswa-siswi menghasilkan hasil belajarnya rendah, siswa sering tidak mengerjakan PR, bolos pada jam pelajaran sekolah, sering menggangu teman. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu : 1) mengetahui sudah sejauh mana SPBM itu meningkat hasil belajarnya; 2) mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn ; 3) mengetahui interaksi antara perhatian SPMB minat belajar siswa dalam proses belajar disekolah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Populasi berjumlah 311 orang dan sampel berjumlah 39 orang. Sampling dilakukan dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini adalah korelasi. Analisis data yang dilakukan dengan mengunakan korelasi Tahapan Siklus I, II, Tahapan Persiapan, Pelaksanaan, Obsevasi, Refleksi deskritif kualitatif dimana memberikan berupa evaluasi soal tes tertulis pada setiap akhir siklus dan menyimpulkan hasil temuan melalui observasi, Angket. Dimana dalam penelitian nilai perhatian SPBM menigkat 65%, minat belajaar siswa 97% , dan hasil belajar pendidikan kewarga negaraan 96% dari semua jumlah siswa sampel yang diambil sebanyak 39 orang siswa dikelas VII2 SMP Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu, setelah menggunakan metode penerapan strategi berbasis masalah.
Â
Kata Kunci : Penerapan Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
          (SPMB).
Full Text:
PDFReferences
Asep Jihad, 2008, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo.
Isjono, 2007, Cooperative Learning, Bandung : Alfabeta.
Nana, Sujana, 2004, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Ngalim Purwanto, 1988, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Karya.
Ngalim Purwanto, 2001, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Nurdin Ibrahim, 2000, Hubungan Tempat Tutorial Tatap Muka dengan Hasil Belajar Siswa SLTP Terbuka, Jurnal Teknodik, Oktober.
Peraturan Pemerintah, Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.
R E Slavin, 1994, A Practical Gaide To Cooperative Learning, USA : A Division Of Paramount Publishing.
Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono, metode penelitian pendidikan , Alfabeta, Bandung, 2004
--------------Memahami penelitian kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2005
Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.
Wina, Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran, Jakarta : Prenada Media.
Elsagustianristiani. Blogspot.com. dan (www. raseko .com >Home>pendidikan).
Slameto, 2003, Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Di Cetak Oleh PT Asdi Mahasatya, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)