PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMES PUZZLE DENGAN MEDIA CHARTA MATERI POKOK PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran games puzzle dengan media Charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai aspek kehidupan di kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P 2015 / 2016 terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini dibagi atas 2 kelas yang diambil secara acak dan masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda sebanyak 25 soal. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media games puzzle dengan rata-rata X 1 = 73,06dan SD=9.05 dan rata-rata untuk kelas yang diajar dengan menggunakan media charta adalah X2 = 60.82 dan SD = 7.85. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,01, dimana thit <ttab (3,49>2,36) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan. Hasil Belajar yang menggunakan media games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai Aspek Kehidupan di kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau UtaraT.P.2015/2016.
Kata Kunci; Media Games Puzzle, Media Charta, Hasil Belajar
Â
ÂFull Text:
PDFReferences
Anni, Chatarina. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK UNNES
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta : Rhineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rhineka Cipta.
Dalvi. 2006. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Agama Dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team. Jurnal Guru.
Dhani, Burhanuddin Alvi. 2007. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Puzzle dan Media Charta di SMP Negeri 13 Medan Kelas VII Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Negeri Medan
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta
Hudoyono. 2002. Strategi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: JICA. Universitas Indonesia
Kiki, Fahrumnisa. 2007. Efektivitas Media Puzzle Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Swasta Alittihas Kebumen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Oemar Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar, Jakarta:Bumi Aksara.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya
.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rhineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta
Sudjana, 2002. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sugandi, Ahmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK UNNES
Susilowati, Astuti. 2006. Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN I Karanganyar Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Sutrisno, Hadi. 1992. Metode Riset 1. Yogyakarta : Andi Offset
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT.Sinar Baru Algensindo.
The Liang Gie. 1994. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta : Liberty
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)