PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BRAINSTORMING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Muhammad Daudsyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan model pembelajaran kooperatif Brainstorming dengan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 baik itu secara statistik maupun secara kualitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan pre test dan post test control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 70 orang siswa terdiri dari 2 kelas. Satu kelas diajarkan dengan metode pembelajaran Snowball Throwing yakni kelas XI1 dan satu kelas lainnya diajarkan dengan metode pembelajaran Brainstorming yakni kelas XI2 sebanyak 35 siswa. Masing-masing kelas berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 13,97 dan simpangan baku S1 = 1,98. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran menggunakan Brainstorming adalah 11,80 dan simpangan baku S1 = 1,53, Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model  pembelajaran Snowball Throwing  dan  model pembelajaran Brainstorming dengan = 0,05 diperoleh thitung  = 5,13 dan ttabel = 1,660. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan model  pembelajaran  Snowball Throwing dan  model pembelajaran Brainstorming di Kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017.

  Kata Kunci : Model Brainstorming, Model  Snowball Throwing, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Admin. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz.

Deden. 2010. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S., B & Zain.,A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Illeris. 2011. Teori of Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kuniasih, I dan Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Medan. Kata Pena.

Kiranawati, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII.

Munadi, Y. 2010. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Nurani. 2003. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Nasrullah, H. 2014. Model Pembelajaran Snowball Throwing. Unimed FIS.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sadulloh, Uyoh. 2010. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung : Alfabeta http:(taff.uny.ac.id/system/files/penelitian/...pd/jurnal-AMF_Thn-2-2009.pdf).

Sudjana, N. 2011. Model & Metode Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sagala, M. 2011. Metode Pembelajaran: yang Kreatif dan Efektif.Jakarta: Bumi Aksara

Setiawan, Deny. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan.Medan.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)