MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS X PADA MATERI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA DI SMA SWASTA BHAYANGKARI-2 RANTAU PRAPAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Winda Aulia Siregar

Abstract


Latar belakang masalah pada penelitian ini  adalah terdapat adanya proses pembelajaran bahwa seorang guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran hanya menggunakan model pembelajaran konvensional saja atau ceramah. Dan hal itu membatasi aktivitas belajar siswa sehingga siswa memiliki semangat belajar yang rendah, serta pasif sehingga proses pembelajaran sangat membosankan. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, dan instrument penelitian yang digunakan berupa test pilihanganda berjumlah 20 soal dengan 5 alternative jawaban. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiridari 2 kelas dan masing-masing kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 30 siswa yang di peroleh dengan menggunakan tekhnik random sampling atau secara acak.hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example ini berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa . berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh varians nilai posttest kelas kontrol adalah 36,20 dan varians nilai posttest kelas eksperimena dalah 42,21.berdasarkan perhitungan yang diperolehthitung>ttabel(3,73>1,69) sehingga rata-rata hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran ExampleNon Example  lebih tinggi dari pada hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Konvensional.Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Example non example, hasil belajar, sistem politik

Full Text:

PDF

References


Daryanto,(2012).Media Pembelajaran.Bandung:Satu Nusa

Hamdani,(2011).Strategi Belajar Mengajar. Bandung:pusta karya

Hamdani,(2010). Strategi Belajar Mengajar .Bandung:CV.Pustaka Setia

Musfiqon,(2012).Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.jakarta:PT. prestasi pusta karya

Meirina Dwi Setyowati,(2009). Penerapan Pembelajaran kooperatif Model Example Non Example dalam Numbered Heads Together (NHT) untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelasVII-BSMP Negeri 2 Sukerejo.

Nana Syaodih sukmadinata,(2007).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana,Nana.(2010).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sudijino Anas,Drs.Prof.,(2009).Pengantar Statistik Pendidikan,Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana,Nana.(2010).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sardirman, (2011).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.jakarta:PT Raja Grafindo

Sugiyono,(2011).Metode Penelitian Kantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

UUD No.20.Tahun 2003

http://ainamulyana.blogspot.com/2012/01pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html

http://hartonodiko.blogspot.com/2012/pengertian-dan-fungsi-media-pembelajaran.html

http:haryanto.blogspot.com/2012/pengertian-dan-fungsi-media-pembelajaran.html




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)