PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA VIII SPM NEGERI 2 SATU ATAP PANGKATAN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Marlina Siregar

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Brainstorming Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal, dan nilai kriteria ketuntasan minimal 1 (KKM) adalah 70. Pembelajaran dengan menggunakan metode curah pendapat (Brainstorming) dapat membuat siswa termotivasi dan semangat dalam mempelajari materi-materi kemerdekaan mengemukakan pendapat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 53,43 dan siswa yang tuntas belajar hanya 10 orang (31,25%). Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,37 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 20 orang siswa (62,5%). Pada Post-test siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,93% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 29 orang siswa (90,62%). Siswa yang belum tuntas adalah 3 orang siswa (9,37%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai siswa dari pre-test, pro-test I dan pro-test II. Hasil tes belajar inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa  dalam belajar pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci : hasil belajar, Brainstorming, Metode Belajar


Full Text:

PDF

References


Arifin, (2009). Evaluasi pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya

Asrori, (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Wancana Prima

Dimyati (2006). Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta

Djamrah, S.B & Zain.A(2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta

Guntar (2010). PKn 5 Salingtemas. Jakaarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Harjanto (2005). Perencanaa Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Moly, (1996). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Reiser.R Dan Jhon, D.M.2012. Trends and Isues in Instructional Design and Technology.Boston : Pearson Education.Inc.

Rundell, A.J.A 2009 Aplplying inqury-based and Cooprative Group Learning Strategis to Promote Critical Thingking, Journal Collage Science Teaching (JCST) 28.(3) : 203-207

Roestiyah.Nur (2008) Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Sadulloh. Uyoh (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Http.(Staff.uny.ac.id/system/files/penelitian/,.pd/jurnal-AMF_Thn-2-2009.pdf)

Sudjanah.Nana(2001). Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara

Sanjaya, W 2009. Perencanaan dan Desains Sistem Pembelajaran , Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sardiman, A.M.1996. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Bina Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)