PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 BILAH HULU DUSUN TALUN MANOMBUK KABUPATEN LABUHANBATU KECAMATAN BILAH HULU PROVINSI SUMATERA UTARA

Natalia Zega, Marlina Siregar, Toni Toni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bapak kepala sekolah dalam memanajemen baik sarana prasarana sekolah, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, kurikulum serta kemitraan sekolah dengan masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan cara wawancara kepada responden yaitu dengan bapak kepala sekolah SMP Negeri 4 Bilah Hulu dan juga dengan cara penyebaran angket kepada responden yaitu para guru SMP Negeri 4 Bilah Hulu dengan jumlah angket sebanyak 18 angket. Dengan teknik wawancara dan juga penyebaran angket dapat menghasilkan nilai dari pada cara bapak kepala sekolah mengolah dan memanajemen SMP Negeri 4 Bilah Hulu. Hasil presentase tersebut terbukti dari hasil penyebaran angket dimana diperoleh nilai dari hasil pembahasan dengan penyebaran angket dapat disimpulkan bahwa penilaian Peran Kepala  Sekolah dalam Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 4 Bilah Hulu, berada pada opstion Baik berjumlah 236 Frekuensi dengan keterangan paling tingginya presentase dalam tabel, sedangkan opstion Cukup Baik berjumlah 72 Frekuensi dengan keterangan sedang dalam presentase dalam tabel, sedangkan opstion Sangat Baik berjumlah 37 Frekuensi, dan opstion Kurang Baik berjumlah 3 Frekuensi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 4 Bilah Hulu berada pada kategori Baik. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan kesimpulan bahwa presentase dari peran kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 4 Bilah Hulu sudah Baik secara menyeluruh, dan peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah agar lebih memperhatikan lagi sekolah yang dipimpinnya dengan cara mengontrol dan mengawasi. Selain kepala sekolah, ada guru yang dipandang sebagai faktor kunci yang berhadapan langsung dengan para peserta didik dan faktor lain seperti lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran. Namun Kepala Sekolah memiliki peran yang berpengaruh terhadap jalannya sistem yang ada di sekolah.

 

Kata kunci : Peran, Kepala Sekolah, Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Asmani Jamal Ma’mur. 2012. Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. Diva Press Banguntapan Jogyakarta.

J.Moleong 2013.Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung

Peraturan pemerintah nomor 25 tahun 2000 tentang pelimpahan kewenangan Pemerintah dan provinsi sebagai daerah otonom.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 Tentang Standar menjadi Kepala Sekolah/Madrasah.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Undang-undang Nomor 25 tahun 1999 tentang perimbangan keuangan antara pusat dan daerah.

Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)