UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING KELAS V SDN 112241 SEI RUMBIA KECAMATAN KOTAPINANG TAHUN AJARAN 2019/2020.

Suratno Suratno

Abstract


ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya hasil belajar siswa yang dilaksanankan oleh Guru di SMP Negeri 2 Sungai Kanan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Guru dalam meningkatkan kompetensinya dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Sungai Kanan T.P 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru yang berada di SMP Negeri 2 Sungai Kanan berjumlah 8 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Lingkungan Sekitar dalam meningkatkan kompetensi Guru dalam mengajar di kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Alat pengumpul data pada penelitian  ini adalah lembar observasi dan tes berbentuk essay. Dari analisis diperoleh Ada peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui pendekatan diskusi kelompok kerja guru (KKG) di  SMPN 2 Sungai Kanan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Saran Kepada.guru-guru khususnya guru di SMPN 2 Sungai Kanan Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Di dalam menyusun skenario pembelajaran agar memanfaatkan semaksimal mungkin lingkungan sekolah dan lingkungan siswa yang sesuai dengan materi pembelajaran sebagai sumber belajar,dan mengintensifkan diskusi KKG dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

 

Kata kunci: Supervisi, Model Lingkungan Sekitar

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Depdikbud. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan

dan kebudayaan.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Isjoni.H. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.2115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)