PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AEK NATAS KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Ramawati Ramawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Pada Materi Makna Pancasila Di Kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas Kabupaten Labuhan Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana desain penelitiannya melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen. Desain penelitian ini melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas Kabupaten Labuhan Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Terdiri dari 4 Kelas dengan jumlah 160 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara perpusive random sampling. Jumlah kelas yang diambil adalah 2 kelas. 1 kelas sebagai kelas eksperimen A yaitu kelas X1­ yang berjumlah 40 orang dan kelas kontrol yaitu kelas X4­ yang berjumlah 40 orang. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Dimana Hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas Kabupaten Labuhan Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017, pada materi makna pancasila dengan menggunakan strategi pembelajaran metakognitif dengan rata-rata 76,89. Berdasarkan perolehan nilai rata rata postest pada kedua kelompok siswa tersebut,setelah diberikan perlakuan yang berbeda antara kelas eksprimen dengan kelas kontrol terdapat perbedaan rata rata nilai hasil belajar yang signifikan .Hal tersebut juga di buktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu dengan perolehannya nilai  =7,49  =2,028.


References


Abdurrahman S. (2009), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Anderson. (2006). Mutu Pendidikan Indonesia, Grapindo. Bandung.

Andre Ata Ujan. (2011). Multikulturalisme Belajar Hidup Bersama Dalam

Perbedaan. PT. Indeks, Jakarta.

Ausubel. (2009). Mutu Pendidikan Indonesia, Grapindo. Bandung.

Azhari H. (2007). Psikologi Pendidikan, Dina Utama, Semarang.

Bloom. (2007). Pengertian Belajar, Bima Aksara, Semarang.

Brunner. (2008). Pendekatan Pembelajaran Konvensional http://www. Kompasiana, Erlangga Jakarta.

Dasim Budimansyah. (2009). Pembelajaran Pendidikan Kesadaran Masyarakat Multikultural. PT Genesindo, Jakarta.

Di Gisi, Yore. (2006). Psikologi Pendidikan, Gramedia, Jakarta.

Dede, Rosyada. (2007). Kurikulum Sekolah Menengah Umum, GBPP Mata Pelajaran PKn Kelas I, II, III, Bidang dikmenum Kanwil Depdikbud provinsi Jawa Timur, Jakarta.

Djiwandoko S. (2008). Psikologi Pendidikan, Gramedia, Jakarta.

Djamarah dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran, Rineka cipta, Jakarta.

Isjoni dkk. (2007), Pembelajaran terkini, Perpaduan Indonesia-Malaysia, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kusnadi. (2008). Ilmu Negara. Gaya Media Pratama, Jakarta.

Mulyono, Abdurrahman. (2009). PKn Untuk SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga,

Jakarta.

O’ Malley. (2007). PKn Untuk SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Purba, Edward. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Rooijakkers. A. (2006). Mengajar dengan Sukses, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Sabri, Ahmad. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Syamsuddin Haris. (2007). Konflik Presiden – DPR Dan Dilema Transisi Demokrasi Di Indonesia. PT. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.

Sobry A. (2007). strategi Belajar Mengajar dan Microteaching, Penerbit Quantum teaching, Jakarta.

Sudjana, Nana. (2006). Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Suherman dkk. (2008), Strategi Pembelajaran PKn Kontemporer, FMIPA UPI, Bandung.

Sri Esti Wuryani, Djiwandono. (2006). Pentingnya Belajar PKn, Grapindo. Bandung.

Tim MKPBN. (2010). Strategi Pembelajaran PKn Kontemporer, FMIPA, UPI, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.3200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)