PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Nirwana Ratna Sari Br. Situmorang

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran discovery learning kelas VIII SMP Negeri 1 Tigabinanga.nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas VIII SMPnNegeri 1 Tigabinanga. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning diperoleh nilai rata-rata kelas 75,61 dengan persentase ketuntasan klasikal 61,11%. Hal ini menunjukkan bahwa rata- rata kelas sudah di atas KKM. Namun, peningkatan ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 85%. Pada siklus II dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dan perbaikan dari siklus I diperoleh rata-rata kelas yaitu 85,89 dengan persentase ketuntasan klasikal 91,67%. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang
dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima

xKata Kunci : Nilai – Nilai Pancasila, Discovery Learning, Hasil Belajar.
——————————◆——————————


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arman. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Kelas VII SMP Negeri 4 Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi Unimsuh Makassar.

Ahmadi. (2012). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa dan Perbedaan Jenis Kelamin. (skripsi dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: AlfaBeta.

Baharudin. (2008). Teori belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: AR-Ruzz Media Group

Dahar, Ratna Wilis. (1989).Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Damhuri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa kelas V SDN 021 SITORAJO KIRI.

Dewi Sicelia Fani. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII A SMP Negeri

Semarang. Skripsi. Tidak diterbitkan

UN Esih,sukaesh.(2013).Pengertian Defenisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli.(online),(http://esihkeyc.blogspot. co.id/2013/03/pengertian -defenisi- hasil-belajar,html,diakses senin,31

November 2018).

Febriyani, Risqi. 2013. Keefektifan PBL terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Dagan Kabupaten Purbalingga pada Materi Globlisasi. Diakses pada tanggal 10 Desember 2018Fkip Unism

Makassar.(2014).Pedoman Penulisan Skripsi.Makassar :Panrita Pres Unismuh Makassar.

Gafar,A.A dan Ridwan,T. (2009).

Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia,Nomor VII,12.Haling,A. dkk.(2006) .Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM Hamalik Oemar. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: AlfaBeta

Hidayat.A.(2013). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan fisika 1.ISSN :2338-1027.Huda.(2016).Cooperative Learning Metode,Teknik,Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim dan Nur (dalam Rusman 2010:241). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Ismail. (2002). Model-Model Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Magdalena Rita. (2015). Penerepan Model Pembelajaran Problem

BasedLearning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. (ISSN:2528-5742). Vol 13(1) 2016: 299-306.

Munadi, Yudi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Musfiqon, H. M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PrestasiPustaka.

R.Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rostikawati, Teti. 2015. Strategi Pembelajaran SD. Bogor: Universitas Pakuan. Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pres.

Sani, Berlin, Imas Kurniasih. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta:kata Pena.

Sani, Berlin, Imas Kurniasih. 2013. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta:Kata Pena.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda. Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v8i2.3592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)