PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR KEDUDUKAN WARGA NEGARA INDONESIA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 MOROO T.A 2020/2021
Abstract
Abstrak - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok kedudukan warga negara Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Moroo T.A 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 44% siswa yang memiliki motivasi belajar tergolong sangat rendah. Pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 64% siswa yang memiliki motivasi belajar tergolong rendah. Pada siklus II, pertemuan I diperoleh perubahan data yaitu80% siswa memiliki motivasi belajar yang tergolong tinggi, selanjutnya pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 92% siswa yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 7 siswa yang memiliki motivasi
belajar yang di atas 70% yaitu sekitar 20%, dan setelah dilaksanakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada kondisi akhir terlihat hampir seluruh siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi yaitu ada 24 siswa atau sekitar 96%. Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya Model Pembelajaran Student Facilitataor And Explaining digunakan gurusebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Kata Kunci: Motivasi belajar; Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining
—————————— ◆ ——————————
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v8i2.3593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)