PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 ULU MORO`O TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ingat Zatulo Gea

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Ulu Moro`o dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan TPACK dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakantindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ulu Moro`o yang hasil belajar dalam mata pelajaran PKn masih rendah atau kurang dari 65 sesuai dengan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar nilai rata-rata kelas mengunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi belajar peserta didik pada siklus II. Peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari tahap Siklus I rata-rata yang diperoleh 67,93 naik menjadi rata-rata 81,38 pada tahap siklus II. Dari rata-rata tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata 13,45 dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan dengan adanya perolehan nilai peserta didik rata-rata dari siklus I (67,93) meningkat cukup signifikan pada siklus II dengan nilai rata-rata(81,38).

Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning (PBL), TPACK, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Gafur. (2003). Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengembangan Silabus Berbasis Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Menengah Umum SMU. Yogyakarta : Pasca Sarjana UNY.

Anas Sudijono. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT

Pembelajaran Semester 1 SDN Perumas Krapyak 2001.

Slameto. (1998). Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka RajaGrafindo Persada.

Anita Lie (2002). Kooperatif Cipta. Internet learning: Mempraktekan

kooperatif learning di Luar kelas. Jakarta: Grassindo.

Cholisin. (2004). Pendidikan http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/coll

ect/skripsi/archives/HASHacea/7c4d72ac.dir/doc.pd f. Diambil pada

tanggal 7 juni 2010. Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: Fakultas Ilmu sosial dan Ekonomi UNY.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud dan PT Renika Cipta.

Muktakim. (2001). Psikologi Pendidikan.Semarang: FTIW.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto . (1993). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Roskarya.

Rochiati Wiriaatmadja. (2006). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Pascasarjan UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Robert E. Slavin. (2009). Cooperatif Learning teori, riset dan praktik.

Bandung: Nusa Media.

______(1995). Cooperatif Learning, Theory, Research, and practice.

London: Ally and Bacon.

Siti Nurjanah. (2007). Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Pokok Bahasan Pengerjaan Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Semester 1 SDN Perumas Krapyak 2001.

Slameto. (1998). Belajar dan Fakto-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v8i2.3594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)