Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Siswa di Sekolah MAS AL-Falah Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Manza Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Di  MAS Al-Falah Kampung Dalam, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala apa yang dihadapi dalam penanaman nilai moral bagi siswa Di  MAS Al-Falah Kampung Dalam, (3) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam penanaman nilai moral pada siswa Di  MAS Al-Falah Kampung Dalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data seperti observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PPKn dan Siswa MAS Al-Falah Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Kesimpulan hasil penelitian bahwa : (1) Penanaman nilai-nilai moral pada siswa MAS Al-Falah Kampung Dalam Kecamatan Kabupaten Labuhanbatu dengan cara membimbing, mengarahkan siswa, berjiwa sosial, bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya serta memberikan contoh dalam sikap, ucapan maupun perbuatan untuk menunjang kepribadian yang baik bagi siswa. (2) Kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai moral siswa Di  MAS Al-Falah Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu yaitu kurangnya sarana dan prasana yang memadai, Kurangnya kerjasama antar orang tua dengan guru, Faktor lingkungan dan keluarga, Kurangnya peran orang tua dalam mendampingi atau mengawasi anak, Semakin menipisnya atau berkurangnya rasa keingin tahuan siswa, Sangat berkurangnya atau menipisnya akhlak para siswa. (3) Upaya yang dilakukan dalam penanaman nilai moral pada siswa Di  MAS Al-Falah Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu dengan cara Guru melakukan teguran atau hukuman kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah.

Kata kunci : Nilai-Nilai Moral, Siswa, Guru


References


Buku

Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offset

Budiningsih, Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karakteristik Siswa dan Budaya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Darmadi, Hamid. 2012. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta

Koyan, I Wayan. 2000. Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Defdiknas

Laksono, Danang Tanjung, 2012. Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Siswa-Studi Kasus di SMA N 1 Sukoharjo.Artikel Publikasi Ilmiah Tesis.Pps Universitas Muhammadiyah Suhakarta.

Lawrence, Kohlberg. 1995. Tahap-Tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta:Kanisius

Maryani, Tri. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Keutamaan Moral Pada Remaja Dalam Keluarga TNI-AD di Asrama Depo Pendidikan (DODIK) SECATA Rindam IV/Diponegoro Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang

Moleong, Lexy. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdyakarya

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Nasution, 1999 Tekhnologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Askara

Nik Azis Nik Pa. 2007. Pengembangan Nilai pada Pendidikan Matematik Cabaran dan keperluan. International Seminar on Development Value in 330 | JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Mathematics and Sciense Education, 3-4 August 2007. University of Malaya

Sagala, Saiful. 2009. Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sugiono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta

Suroso. A. Y. 2006. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung:Mughni Sejahtera.

Veugelers, Wiel. 2008. Moral Values in Teacher Education. Paper Presented at the 1 st Syimposium on Moral and Democratic Education. 24-27 August 2008. Florina, Greece.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalllam Perpektif Perubahan: Menggagas Platrom Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta : Bina Aksara

Zuchdi, Darmiyati, 2009. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Jurnal

Astutik, Yulik.2015. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral Pad Siswa SMK N 1 Pungging. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan.2(1)

Fatimah, Synaroch. 2015. Prosese Penanaman Nilai Moralitas Siswa. Jurnal Humanity. 10(1)

Poni, Sitria. 2017. Penaman Nilai-Nilai Siswa Melalui Program Religius Culture bagi siswa Sekolah Menengah keatas (SMA) N 1 Tilamuta. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. 02(2)

Ruslan, dkk.2016.Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa di SD Negeri Lampeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD FKIP Unsyiah.1(1)

Sulianti, Ani. 2018. Penanaman Nilai Moral Kedisiplinan Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Implementasi Budaya Sekolah Pada Siswa SMA. Untirta Civic Education Journal. 3(2):147-157

Peraturan Perundang-Undangan

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Skripsi

Asriani, S.2019.â€Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Religius, Disiplin, Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Terhadap Siswa Di MTs Swasta Al-Amin Kampung Pajak Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2018/2019â€.Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan PPKn.Universitas Labuhanbatu.Rantauprapat

Sumber Lain

Hartono, 2008. Strategi Pembelajaran Active Learning. (http://sditalgalam.wordpress.com/2000/01/09




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v9i1.4189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)