PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMK SWASTA MANDIRI

Sati Miswal Hasibuan, Ilham Rahmawati, Maruntung Sihombing

Abstract


ABSTRACT
Tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK Swasta Mandiri mulai menerapkan kurikulum
merdeka dengan pilihan mandiri berubah di kelas X. Dengan demikian guru-guru yang ada
di SMK ini mulai menyusun modul ajar sebagai perangkat pembelajaran. Penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Swasta Mandiri Labuhan Batu
Sumatera Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/ 2023, pada bulan November
2022 Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Hasil pada penelitian ini adalah setelah melaksanakan
penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Project based Learning
terhadap siswa kela XII (Duabelas) pada pelajaran Pendidikan Pancasila, maka ada
beberapa hal yang dapat disimpulkan, antara lain: 1) Model Project based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII pada pelajaran Pendidikan
Pancasila di SMK Swasta Mandiri. 2) Pelaksanaan penelitian telah memenuhi
kriteria keberhasilan pada pelaksanaan siklus II, yang ditandai dengan peningkatan
nilai aktivitas guru, aktivitas siswa, dan nilai rata-rata siswa pada ulangan harian
yang meningkat dari 68 menjadi 75,7. 3) Penerapan model pembelajaran Project
based Learning memotivasi dan menggali kreatifitas siswa dalam menyelesaikan
tugas yang diberikan guru.
Keyword: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
—————————— ◆ ——————————


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto dan Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Azwan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar,. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Oemar Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana. Penelitian Kelas. Kencana: Jakarta

Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i1.5561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)