Implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Rantau Utara

iin Patrama Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yang diterapkan di SMA Negeri 2 Rantau Utara serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) di SMA Negeri 2 Rantau Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan   di   SMA   Negeri   2   Rantau   Utara   Jalan   Menara   Nomor   4 Rantauprapat, Siringo-ringo, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Analisis  data  dalam  penelitian  ini meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) pada tahapan monitoring dan evaluasi di SMA Negeri 2 Rantau Utara bisa dikatakan berjalan dengan baik dan berhasil, hal ini ditunjukkan dengan sekolah memiliki visi misi sebagai arah dan tujuan sekolah, memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang visi misi sekolah, tenaga pendidik yang mengembangkan potensi dirinya masing- masing, lulusan dari SMA Negeri 2 Rantau Utara yang lima puluh persen diterima di perguruan tinggi setiap tahunnya, serta para alumni yang banyak berhasil atau menjadi orang sukses. Penerapan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) di SMA Negeri 2 Rantau Utara tidak luput dari dua faktor, yaitu faktor pendukung dan penghamabat. Faktor pendukungnya ialah kesiapan guru dalam mengajar serta sarana prasarana dan fasilitas-fasilitas sekolah yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Faktor penghambatnya ialah dana untuk membangun sarana prasarana dan fasilitas-fasilitas sekolah, tempat tinggal peserta didik, serta kondisi ekonomi orang tua peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adawi, Mustami, M., & Naro, W., (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Mdrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2).

Adlini, M., Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., Merliyana, S., (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), hal 3.

Amanik, R. (2019). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Dan Komite Sekolah Terhadap Mutu Sekolah, Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), hal.45.

Ardiansyah, D., Mujakir, & Fathan, A., (2018) Manajemen Berbasis Sekolah: Sekolah Menengah Atas, Direktorat Pembinaan SMA, hal.11.

Hidayat T, (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6.hal.4.

Muflikhah, U. & Habib, A. (2020). Pengaruh Evaluasi Dalam Implementasi Mnajemen Berbasis Sekolah Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Terhadap Mutu Sekolah Di SMA 5 Yogyakarta, STAINU Purworejo: Jurnal Al Ghazali, 3(1)

Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Keapala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah, 6(1),hal.6.

Setyaningsih, R., Suci, A., & Puspasari, F,A., (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Di Smp Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru), Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1),hal.20.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i2.6413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)