Pengaruh Model Pembelajaran, Cooperative Learning Type Talking Stick Dengan Metode Ceramah Dalam Pembentukan Kelompok Belajar Kecil Pada hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan

Putri Dewi Hartati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran, Cooperative Learning Type Talking Stick Dengan Metode Ceramah Dalam Pembentukan Kelompok Belajar Kecil Pada hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Populasi didalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 dan IPS-2 yang aktif     terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Tehnik pengumpulan data pada penelitian   ini yaitu Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Yaitu   desain kuasi eksperimen dengan melibatkan perbedaan pretest maupun posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random yang merupakan bentuk metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t juga juga diperoleh thitung>ttabel= 18,0005>3,6669 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Cooperative Type Talking Stick dalam pembentukan kelompok belajar kecil terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rantau Selatan

 

Keyword: Model Pembelajaran, Cooperative Learning Type Talking Stick, Ceramah, Kelompok Belajar Kecil, Hasil Belajar PKn


Full Text:

Untitled

References


Arieska dan Herdiani (2018). Jurnal Statistik. Vol. 6 No. 2 Hal 166-171 Arieska dan Herdiani (2018). Jurnal Statistika. Vol.6, No.2. Hal 166-177

Ayuni, Kusmariyanti, Japa (2017). Journal Of Education Technologi. Vol 1. No. 20. Pp. 183-190

Devy, dkk (2022). Jurnal Sosial dan Budaya. Vol.5 No. 2. ISSN 2599-2473

Fajri dkk (2016). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Vol.1. No.1 Hal 98- 109

Fathurrohman, muhammad. 2015. Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Flora dan Nurfitriyanti (2015). Jurnal Formatif. Vol.2 No.1 Hal 35-44. ISSN 2088-351X

Hartanto dan Sriyani (2016) .Jurnal Pythagoras. Vol.5 No. 1 Hal 12-19. ISSN 2301-5314

Haryanti, Eka (2019). Jurnal Tambora. Vol.3 No. 1 Hal 27-31 ISSN 2527- 970X Istarani, 2015 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : MEDIA PERSADA

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani (2017).LebihMemahami Konsep & ProsesPembelajaran : Kata Pena

Lidia, Hairunisya, Sujai (2018) Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol. 3. No.2 ISSN. 2503-5307

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Rosdakarya : Bandung

Purnomo dan Triyono (2018) Jurnal Taman Vokasi. Vol. 6. No. 1 Hal 120-130 Rohmayanti, fenry (2019). Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 3. No. 1 Sasmono (2018). Jurnal Pendidikn IPA Veteran. Vol.2 No. 2. ISSN 2598-5876

Shoimin, Aris (2016).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik di Tingkat Pendidikan sekolah Dasar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Widya, adi (2018). Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 1 ISSN 2527-5445




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i2.6495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)