Pengaruh Model Pembelajaran, Cooperative Learning Type Talking Stick Dengan Metode Ceramah Dalam Pembentukan Kelompok Belajar Kecil Pada hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran, Cooperative Learning Type Talking Stick Dengan Metode Ceramah Dalam Pembentukan Kelompok Belajar Kecil Pada hasil Belajar PKN Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Populasi didalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 dan IPS-2 yang aktif terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 72 orang. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Yaitu desain kuasi eksperimen dengan melibatkan perbedaan pretest maupun posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random yang merupakan bentuk metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t juga juga diperoleh thitung>ttabel= 18,0005>3,6669 sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Cooperative Type Talking Stick dalam pembentukan kelompok belajar kecil terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rantau Selatan
Keyword: Model Pembelajaran, Cooperative Learning Type Talking Stick, Ceramah, Kelompok Belajar Kecil, Hasil Belajar PKn
Full Text:
UntitledReferences
Arieska dan Herdiani (2018). Jurnal Statistik. Vol. 6 No. 2 Hal 166-171 Arieska dan Herdiani (2018). Jurnal Statistika. Vol.6, No.2. Hal 166-177
Ayuni, Kusmariyanti, Japa (2017). Journal Of Education Technologi. Vol 1. No. 20. Pp. 183-190
Devy, dkk (2022). Jurnal Sosial dan Budaya. Vol.5 No. 2. ISSN 2599-2473
Fajri dkk (2016). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Vol.1. No.1 Hal 98- 109
Fathurrohman, muhammad. 2015. Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Flora dan Nurfitriyanti (2015). Jurnal Formatif. Vol.2 No.1 Hal 35-44. ISSN 2088-351X
Hartanto dan Sriyani (2016) .Jurnal Pythagoras. Vol.5 No. 1 Hal 12-19. ISSN 2301-5314
Haryanti, Eka (2019). Jurnal Tambora. Vol.3 No. 1 Hal 27-31 ISSN 2527- 970X Istarani, 2015 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : MEDIA PERSADA
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani (2017).LebihMemahami Konsep & ProsesPembelajaran : Kata Pena
Lidia, Hairunisya, Sujai (2018) Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol. 3. No.2 ISSN. 2503-5307
Mulyasa, 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Rosdakarya : Bandung
Purnomo dan Triyono (2018) Jurnal Taman Vokasi. Vol. 6. No. 1 Hal 120-130 Rohmayanti, fenry (2019). Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 3. No. 1 Sasmono (2018). Jurnal Pendidikn IPA Veteran. Vol.2 No. 2. ISSN 2598-5876
Shoimin, Aris (2016).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori & Praktik di Tingkat Pendidikan sekolah Dasar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Widya, adi (2018). Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 1 ISSN 2527-5445
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v10i2.6495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)