Penggunaan HP android dan dampaknya dalam pelaksanaan kegiatan Shalat Berjamaah di Ma'had Al Jamiah

Ahmad IhsanPardamean Siregar, Irfan Haj, Rhama Lenasari

Abstract


Penggunaan Handphone Android sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern, termasuk dalam praktik keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan Handphone Android terhadap aktivitas shalat berjamaah, dengan fokus pada kehadiran, konsentrasi, dan kualitas ibadah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Handphone berdampak ganda. Di satu sisi, Handphone memudahkan akses informasi seperti jadwal shalat, lokasi masjid, dan materi keagamaan, yang dapat meningkatkan motivasi shalat berjamaah. Di sisi lain, penggunaan Handphone yang tidak terkontrol, seperti terlibat dalam media sosial atau bermain game sebelum waktu shalat, cenderung mengurangi kesadaran waktu dan menurunkan kehadiran di masjid. Lebih lanjut, kegagalan mematikan Handphone saat shalat dapat mengganggu konsentrasi jamaah lainnya. Oleh karena itu, pendidikan dan kesadaran mengenai penggunaan Handphone yang penuh kesadaran sangat penting untuk mendukung praktik shalat berjamaah yang lebih fokus dan bermakna.

Kata Kunci: Handphone Android, Dampak, Shalat Berjamaah


References


Aziz, A. (2010). Fiqih Ibadah. Amzah.

Baridwan, Z. (2010). Intermediate Accounting. Universitas Gajah Mada.

Hasbi, T. M. (2010). Kuliah Ibadah. Pustaka Rizki Putra.

Junaedi, E., Hufad, A., & Fathurohman, M. (2021). Penggunaan Handphone Android Bagi Perkembangan Anak. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 94–106. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.399

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Munthe, M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Kurikulum Ditinjau dari Sudut Manjerial. 2507(February), 1–9.

Sholeha, J., Nurjanah, T., Abidin, Hidayah, F. N., & Isnaini, R. (2022). Efek ponsel terhadap perilaku remaja dalam melaksanakan sholat lima waktu di desa Jojog kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur. Jurnal Kesehatan, 12(3), 188–190.

Suryana, T. (1997). Pendidikan Agama Islam. Tiga Mutiara.

Syafruddin, A. (2005). Garis-Garis Besar Fiqh. Prenada media.




DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i1.6788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :

  

Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu

Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia



This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)