UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI LISAN SISWA KELAS X5 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DI SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas X5 SMA Negeri 2 Rantau Utara. Menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan integratif kualitatif-kuantitatif, intervensi dilaksanakan pada 36 siswa melalui dua siklus tindakan selama April-Mei 2025. Instrumen pengumpulan data mencakup lembar observasi terstruktur, rubrik evaluasi komunikasi lisan, dokumentasi proses pembelajaran, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian mengidentifikasi progresivitas signifikan pada nilai rata-rata keterampilan komunikasi lisan dari 65,4 (prasiklus) menjadi 72,8 (siklus I) dan 84,6 (siklus II), dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari 36,11% menjadi 61,11% dan akhirnya mencapai 91,67%. Analisis kualitatif mengungkapkan empat mekanisme transformasional: (1) eksposur terhadap problematika autentik yang menstimulasi pertukaran gagasan, (2) strukturisasi kolaboratif yang menciptakan interdependensi positif, (3) rotasi peran komunikatif yang memfasilitasi distribusi ekuitas partisipasi verbal, dan (4) scaffolding argumentasi yang mengoptimalkan konstruksi pesan terstruktur. Signifikansi penelitian terletak pada formulasi protokol implementasi PBL yang terorientasi pada pengembangan komunikasi lisan, meliputi pemilihan problem kontekstual, pengorganisasian kelompok diskusi dengan rotasi peran, implementasi scaffolding argumentasi, dan pemberian umpan balik formatif terhadap kualitas komunikasi lisan.
Kata kunci: Problem-Based Learning, komunikasi lisan, penelitian tindakan kelas
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifah, F. N., Setiowati, L., Audry, T. E., Kuswardi, Y., & Sumarni. (2022). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 6035–6047.
Fawaid, A., & Huda, M. (2024). Implementing Problem-Based Learning to Improve Collaborative Writing Skills through Lesson Study in the Indonesian Language Subject. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 10(1), 197–212. https://doi.org/10.22219/kembara.v10i1.29649
Fitarini, N., Pratiwi, R. H., & Cleopatra, M. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Keterampilan Komunikasi Lisan terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan, 14(4), 723–731.
Jayanti, M. A., & Pertiwi, K. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan analisis dan rasa ingin tahu siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 112–127. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23178
Kurniawati, N. R., & Rahmandani, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dengan Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25479
Magfiroh, L., Ayuningtyas, E., & Savitri, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Seminar Nasional IPA XIII “Kecemerlangan Pendidikan IPA Untuk Konservasi Sumber Daya Alam,” 57–68. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2284
Marfuah, M. (2020). Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313
Maridi, Suciati, & Permata, B. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan melalui Model Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182–188. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539.
Nurfadillah, S., Yulisma, L., & Hardi, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Menggunakan Pola Argumentasi Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 832–839. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i3.11406
Parianto, P., & Marisa, S. (2022). Komunikasi Verbal dan Non Berbal dalam Pembelajaran. Journal Analytica Islamica, 11(2), 402. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14123
Sartini, Halim, M., & Ramly. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 2 ANGGALOMOARE. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 8(2), 88–94. https://doi.org/10.33772/JWKP-IPS
Usiono, U., Rahmi, N., Harahap, A. R., & ... (2023). Strategi Pendidik dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32573–32578. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12375
Yoeliana, R., Yennita, & Nelwisman. (2025). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Tulisan Siswa SMA Kelas X dalam Pembelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 197–207. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1178
Zainuddin, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma Islam Plus Amali. Jurnal Biologi Kontekstual, 3(2), 2656–9043.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i2.7421
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia

This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)