PERAN ASESMEN KEBUTUHAN DALAM MENYUSUN RENCANA STRATEGIS SEKOLAH MENENGAH DI SMAN 1 PANYIPATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran asesmen kebutuhan dalam proses penyusunan rencana strategis di SMAN 1 Panyipatan. Asesmen kebutuhan merupakan langkah awal yang krusial dalam manajemen strategis karena memungkinkan sekolah untuk mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi aktual dan kondisi ideal, serta menentukan prioritas pengembangan yang tepat. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus tunggal. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi, termasuk dokumen RKJM, RKT, dan LAKIP sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen kebutuhan telah menjadi landasan utama dalam penyusunan renstra sekolah, dengan dampak nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan. Integrasi asesmen kebutuhan tercermin dalam indikator kinerja dan capaian program strategis sekolah. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya menjadikan asesmen kebutuhan sebagai bagian tak terpisahkan dari manajemen berbasis sekolah yang efektif.
Kata kunci: asesmen kebutuhan, rencana strategis, manajemen strategik, SMAN 1 Panyipatan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
. Bano, Y. (2018). Strategic Planning in Schools: The Role of Needs Assessment in Improving Educational Quality. International Journal of Educational Management, 32(5), 792–808. https://doi.org/10.1108/IJEM-04-2017-0091
. Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
. Bryson, J. M. (2018). Strategic Planning for Public and Nonprofit Organizations: A Guide to Strengthening and Sustaining Organizational Achievement (5th ed.). Jossey-Bass.
. Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
. Eacott, S. (2011). Preparing 'Educational' Leaders in Managerialist Times: An Australian Story. Journal of Educational Administration and History, 43(1), 43–59. https://doi.org/10.1080/00220620.2011.554619
. Hidayat, S. (2020). Evaluasi Program Pendidikan dengan Model CIPP. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 144–158.
. Isjoni, H. (2018). Strategi Manajemen Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(2), 132–141.
. Kaufman, R., & English, F. W. (1979). Needs Assessment: Concept and Application. Educational Technology Publications.
. Kemendikbud. (2022). Permendikbud No. 63 Tahun 2022 tentang Manajemen Berbasis Sekolah.
. Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. SAGE Publications
. Maulana, R. (2019). Integrasi Data Asesmen dalam RKJM Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 89–102.
. Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya.
. Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
. Rowley, D. J., Lujan, H. D., & Dolence, M. G. (1997). Strategic Change in Colleges and Universities: Planning to Survive and Prosper. Jossey-Bass.
. Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD.
. Sudjana, D. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
. Suryosubroto, B. (2009). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
. Subroto, T. (2020). Implementasi Asesmen Kebutuhan dalam RKS. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 214–223.
. Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. Jossey-Bass.
. Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.
DOI: https://doi.org/10.36987/civitas.v11i2.7620
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Publisher:
LPPM Universitas Labuhanbatu
Editorial Address:
Jln.S.M. Raja No.126 A Aek Tapa Rantauprapat, Kab. Labuhanbatu Sumatera Utara, Indonesia

This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)