Analisis Proses Transformasi E-Business Entrepreneurship Bagi Pelaku Umkm Dalam Membangun Keunggulan Bersaing (UMKM Kawasan Medan)

Diana Diana, Revika Viola Azzahara, Nurbaiti Nurbaiti

Abstract


A business that is built and developed in accordance with the current digital era will be able to succeed because of the encouragement of technology that can simplify all activities in business. Starting from marketing, sales, purchases, payments, and so on. In this study, we as authors aim to analyze and find out how the development of small and medium enterprises built by the people of the Medan area, how they develop business in technological advances like this, and what transformations have been made by UMKM in E-business. This type of research uses an approach with a literature study method to analyze and observe the condition of UMKM undergoing a transformation process into E-Business more specifically according to the official data sources collected. The data used are sourced from secondary data. The data collection method uses textbooks, journals and the official website of the Medan UMKM Region. The results of this study indicate that many of the UMKM entrepreneurs are turning their businesses into e-businesses.  

Keywords


Keywords : Process e-bussines; Transformation of UMKM, Medan; Internet; Online; entrepreneurs.

Full Text:

PDF

References


Berita,2021 “Pemerintah kota Medan apresiasi BBPSDM dan penelitian Kemenkominfo adakan digital enterpreneur academy (DEA) bagi pelaku UMKM kota Medan “

https://diskopumkm.pemkomedan.go.id (diakses tanggal 9 November 2021)

Dewi sukharni,2021†Pelaku UMKM di Medan Berhasil Kembangkan Bisnis Lewat Portal Bela Pengadaanâ€https://m.rri.co.id/medan/ekonomi/1233020/pelaku-umkm-di-medan-berhasil- kembangkan-bisnis-lewat-portal-bela-pengadaan (diakses tanggal 10 November 2021)

Harisno dan Tri Pujadi,2009†E-business dan e-commerce sebagai trend taktik baru perusahaanâ€3(2).66-69.

Maya Sari ,2014â€Enterpreneur terhadap kinerja UKM di kota Medanâ€jurnal riset akuntansi dan

bisnis,vol. 14(01),52-65.

Mutia Arda dan Delyana R Pulungan,2019â€Analisis pengaruh faktor kesuksesan pengadopsian e- commerce pada usaha kecil menengah di kota Medanâ€,Jurnal Pendidikan Akuntansi,vol.2(2).100-108.

Press center,2019â€Dukung Pertumbuhan UMKM Lokal, GrabFood Memperluas Jaringan GrabKitchen dengan Membuka Dua Cloud Kitchen di Medanâ€https://www.grab.com/id/press/tech-product/dukung-pertumbuhan-umkm-lokal- grabfood-memperluas-jaringan-grabkitchen-dengan-membuka-dua-cloud-kitchen-di- medan/ ( diakses tanggal 10 November 2021)

Rachmat Destriana Dkâ€Analisis pengaruh faktor kesuksesan pengadopsian e-commerce pada usaha kecil menengah di kota Medanâ€301-307

Shamir Hasyim Syarif a dan Nirmadarmaningsih Hiyabâ€Penguatan Kemampuan e-Commerce Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas Kota Medanâ€jurnal publikasi pengabdian kepada masyarakat, Vol. 1 No. 2

T. Alvi Syahri Mahzura,2020â€Pemanfaatan e-commerce dalam peningkatan penjualan pada burger sei putih kota Medanâ€Jurnal ekonomi bisnis manajemen prima,vol.II(I),66-80.

Wahyudi Aulia Siregar,2021â€Terdampak Pandemi Covid-19, Ribuan UMKM di Medan akan Beralih

ke Security Crowdfunding â€https://www.google.com/amp/s/www.idxchannel.com/amp/economics/terdampak- pandemi-covid-19-ribuan-umkm-di-medan-akan-beralih-ke-security-crowdfunding (diakses tanggal 9 November 2021)

www.dce.co.id www.idxchannel.com

www.dce.co.idwww.idxchannel.com




DOI: https://doi.org/10.36987/ebma.v2i2.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo
 

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA)
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ebma/index
Journal DOI: 10.36987/ebma
e-ISSN : 2746-2137

p-ISSN : 2746-5330

Alamat Redaksi :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418