PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI BONGGOL PISANG

Yudi Triyanto, Sri Maharani

Abstract


Program KKN Mahasiswa di universitas Labuhanbatu khususnya di desa Aek Goti Kecamatan Silang Kitang Telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) yang terbuat dari bonggol pisang. Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masayarakat khususnya masyarakat petani sebagai pengganti pupuk kimia 2) membantu meningkatkan pendapatan petani dari sub-sektor pertanian. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan metode penyuluhan dan pelatihan serta penerapan langsung oleh masyarakat. Hasil-hasil yang diperoleh adalah (1)  memiliki pengetahuan dan wawasan tentang potensi dan pemanfaatan pupuk organik cair, (2) masyarakat dapat mengetahui dan melihat langsung proses pembuatan pupuk organik cair, (3) pupuk yang dihasilkan berpengaruh positif terhadap tanaman.

Kata kunci : Bonggol pisang, pupuk organik cair.


Full Text:

PDF

References


Candra A, Azizul P, Q, 2017. Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Dari Bonggol Pisang Melalui Prose Fermentasi. Prodi DIII Teknik Kimia Departemen Teknik Kimia Industri Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya 2017.

Tandjung, S.D., 2003. Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Laboratorium Ekologi, Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada.

Lingga., P. (1991). Nutrisi Organik dari Hasil Fermentasi. Yogyakarta: Pupuk Buatan Mengandung Nutrisi Tinggi.

Munadjim (1983). Teknologi Pengolahan Pisang. Jakarta: Gramedia.

Handayani, S.H. (2015). Uji Kualitas Pupuk Organik Cair dari Berbagai Macam Mikroorganisme Lokal (MOL).

Salma, 2015. Pembuatan MOL Dari Bahan Baku Lokal Sebagai Dekomposer dan Pemacu Tumbuh Tanaman. Bogor: Balai Penelitian Tanah.

Wulandari, R. R. (2009). Penerapan MOL (Mikroorganisme Lokal) Bonggol Pisang Sebagai Biostarter Pembuatan Kompos. Surakarta: Universiras Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v1i1.1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.