PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN MINAT GENERASI MUDA SERHADAP AL-QUR’AN MELALUI PENYULUHAN AGAMA BERBASIS MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) PADA SANTRI DI LABUHAN BILIK

Praida Hansyah, Mhd. Amin, Khairil Hanif, Mulya Rafika, Syaiful Zuhri Harahap, Kurnia Tika Sari

Abstract


Abstract

This community service activity aims to enhance young people's understanding and interest in the Qur'an through a religious outreach approach based on the Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) in Labuhanbatu Regency. The background of this program stems from the declining interest in learning the Qur'an due to the influence of digital technology, the lack of non-formal religious education, and minimal community involvement in promoting Qur’anic values. The implementation methods include religious counseling, tilawah training, MTQ simulation, and both quantitative and qualitative evaluations. The results show that participant attendance reached 120%, with a significant improvement in Qur’anic reading skills and understanding. In addition, two Qur’anic learning groups were established, and the service team was invited to serve as judges at the sub-district level MTQ. This program successfully fostered synergy between higher education institutions, local communities, and religious bodies in collaboratively nurturing a Qur’anic generation in a sustainable manner.

Keywords: Musabaqah Tilawatil Qur’an, community service, youth, religious counseling, Qur’an.

 Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat generasi muda terhadap Al-Qur’an melalui pendekatan penyuluhan agama yang berbasis Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Kabupaten Labuhanbatu. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat belajar Al-Qur’an akibat pengaruh teknologi informasi, lemahnya pembinaan nonformal, dan kurangnya keterlibatan masyarakat dalam penguatan nilai-nilai Qur’ani. Metode pelaksanaan dilakukan melalui penyuluhan, pelatihan tilawah, dan simulasi MTQ, serta evaluasi hasil secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan partisipasi peserta mencapai 120%, dengan peningkatan pemahaman dan keterampilan tilawah yang signifikan. Selain itu, terbentuk dua kelompok belajar Al-Qur’an dan tim pengabdian turut diundang menjadi dewan juri MTQ tingkat kecamatan. Kegiatan ini dinilai berhasil menciptakan sinergi antara perguruan tinggi, masyarakat, dan lembaga keagamaan dalam membina generasi Qur’ani secara kolaboratif dan berkelanjutan.

Kata Kunci: Musabaqah Tilawatil Qur’an, pengabdian masyarakat, generasi muda, penyuluhan agama, Al-Qur’an.


Full Text:

PDF

References


Ningsih, P. O., Parnandes, E., Wulandari, T., & Ainun, N. (2025). Aktualisasi Nilai Al-Qur’an Bagi Generasi Muda yang Berkulitas dan Berwawasan. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 4(2), 140-150.

Zahroh, L. A., Masnawati, E., Dzinnur, C. T. I., El-Yunusi, M. Y. M., Darmawan, D., Marfiyanto, T., & Ghozali, S. (2024). Pengabdian kepada masyarakat melalui peningkatan minat belajar mengaji Al-Qur’an anak usia dini. Masyarakat Mandiri: Jurnal Pengabdian Dan Pembangunan Lokal, 1(3), 21-30.

Anton, A., Sidiq, S. M., Herliana, E., & Nuraeni, H. S. (2024). Upaya Untuk Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur'An. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1099-1108.

Ma’arif, M. (2024). GENERASI MUDA UNGGUL PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Doctoral dissertation, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam).

Isabellapavytha, V., & Munawaroh, A. (2023). Kurangnya Minat Remaja Dalam Belajar Al-Qur’an Akibat Pengaruh Canggihnya Teknologi Informasi. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 460-475.

Harahap, A. I. Y., Windiani, A., Wijaya, A. R. S., & Azriya, Z. (2024). Peran Pendidikan Al-Qur’an dalam Kurikulum PAI untuk Membentuk Generasi Qur’ani. Mesada: Journal of Innovative Research, 1(2), 180-192.

Fathin, A., Aksa, A., Yani, A., & Tajuddin, M. (2024). Membangun Kesadaran Mengaji Sebagai Pembentukan Karakter Islami Pada Generasi Muda Ganrang Batu Selatan, Kabupaten Jeneponto. Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 96-104.

Ariani, N. P. (2022). Dampak Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Terhadap Kualitas Pemahaman Bidang Al-Qur’an Santri Insan Qur’ani (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Utami, S. R. (2023). Strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an anak di Desa Sei Kamah II Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Dalimunthe, Y., & Ritonga, H. J. (2025). Manajemen Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Medan Area Dalam Pembinaan Qari Dan Qariah. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 307-326.




DOI: https://doi.org/10.36987/ikabinaenpabolo.v5i2.7797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.