PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK

Rini Novita, Syaiful Zuhri Harahap

Abstract


The use of computer-based instructional media at Vocational High School (SMKN) 3 Pariaman is still limited to a media presentation using power point. Along with the advancement of information and communication technology (ICT), a lot of software that can be used to create interactive learning media. The results of the preliminary survey of the implementation of learning system computer at SMKN 3 Pariaman  shows  that  there  are  no  teachers who use  interactive  learning  media  with Adobe Director software. ICT facilities and infrastructure such as computers, LCD projectors, and internet at SMKN 3 Pariaman existing one, but have not used optimally. Learning media is one important factor in improving student learning outcomes. The selection of learning media in accordance with the needs  and  characteristics  of  students  can  help  students  understand  the  subject  matter. This research aims to produce an interactive learning media that valid, practical, and effective to help students to master the subject of System Computer.The research method used was R&D (research and development) by using 4D development model (define, design, develop and disseminate). The results showed that interactive learning media is valid based on the assessment of each aspect by the validator. interactive learning media is considered  practical based on observation and responses teacher and student. This shows that, Interactive Learning Media otherwise effective use as a medium of learning in improving student learning outcomes.

Keywords: Interactive Learning Media, Sistem Komputer, Adobe Director


Full Text:

PDF

References


Danim, 1994. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: rajawali Pers.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Saifudin, Azwar. 2015. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moh. Latif Risyda Shubhi, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Pada Materi Turbin Air Program Keahlian Teknik Pemesinan Kelas X di SMK Nasional Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 4 (1) 83-91.

Arda, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains, 3 (1) 69-77.

Widayat , Widi, dkk. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. Jurnal Unnes Science Education Journal, 2(1) 535-541.

Syamsurijal. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNM Pada Mata Kuliah Elektronika Daya. Jurnal Medtek, 1 (1) 7-15.

Usmeldi. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Aoutorun untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1)79-85.

Arikunto, Suharsimi, 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Hendi Hendratman & Robby. 2011. The magic of macromedia director. Bandung: Informatika.

Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2010

Sanaky, Hujar, AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sanjana, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad ke 21.Bandung: Alfabeta.

Amelia Nastuti, Syaiful Zuhri Harahap. (2019). Teknik Data Mining Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Harian Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Di Ulfamart Lubuk Alung), 7(3), 111–119.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418