APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF ALFABET MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3

Iwan Setiawan, Khana Wijaya, Yeni Yuliana

Abstract


Taman kanak-kanak  Kemala Bhayangkari 11 Prabumulih merupakan salah satu Taman kanak-kanak yang berada dikota Prabumulih yang menggunakan metode belajar-mengajar masih menggunakan teks dan gambar serta tatap muka dengan guru, karena belum adanya aplikasi multimedia. Salah satu faktor yang menghambat, datang dari anak-anak itu sendiri yang terlibat dalam proses belajar mengajar. Kemampuan anak-anak dalam memahami suatu pelajaran tidak lah sama, karena rendahnya minat sebagian anak-anak dalam menjalani aktifitas belajar, sehingga timbul rasa bosan, sulit mengerti pelajaran serta tidak memiliki ketertarikan dalam belajar, karena anak-anak tersebut lebih senang belajar sambil bermain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis mencoba merancang suatu Aplikasi media pembelajaran untuk memudahkan anak-anak dalam mengenal huruf alphabet dengan menggunakan Adobe Flash CS3 serta dibantu dengan aplikasi PhotoShop CS3. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkandapat meningkatkan keaktifan anak-anak Taman kanak-kanak Kemala Bhayangkari 11 Prabumulih serta kualitas pembelajaran serta mutu pendidikan pada Taman kanak-kanak kemala Bhayangkari 11 Prabumulih itu sendiri dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan pada Taman kanak-kanak Kemala Bhayangkari 11 Prabumulih.


Keywords


Media Pembelajaran, Adobe Flash CS3, PhotoShop CS3, Huruf Alfabet

Full Text:

PDF

References


Anisyah. 2010. “Konsep Aplikasi dan Desainâ€. Jakarta : PT. Gramedia

Arsyad, Azhar. 2011. “Media pembelajaranâ€. Jakarta : PT Grafindo Persada

Diartono,Dwi Agus. 2008. “Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimediaâ€. Unisbank Semarang

Fowler, Martin.2011.Menggunakan UML.Informatika.Bandung

Hakim, Zainal. 2012. “Sejarah Adobe Photoshopâ€. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Umum .

Prihantini, Ainia. (2015). “Master Bahasa Indonesiaâ€. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Sadiman, Arief, dkk. 2006. “Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanâ€. Jakarta : Raja Grafindo

Sagala, Syaiful. 2010. “Konsep Dan Makna Pembelajaranâ€. Bandung : Alfabeta

Script Island. 2008. “Panduan Mudah Membuat Animasiâ€. Jakarta : Media Kita

Simarmata. (2013). “Analisis dan Desain Aplikasi Multimediaâ€. Jakarta : PT.Gramedia.

Trianto. 2010. “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresifâ€. Jakarta : Kencana Carapedia

Whitten dan Bentley.2007.Unified Modeling Language (UML).Informatika.Jakarta

Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Adobe Flash

Situs web https://id.wikipedia.org/wiki/AdobeFlash, diakses 23 Mei 2016

Yuswanto. 2003. “Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatikaâ€. Surabaya : Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i3.1794

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418