PROSPEK SISTEM E-LEARNING DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI TRANSFORMASI TELEKOMUNIKASI UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA
Abstract
Pengertian e-learning atau pembelajaran elektronik sebagai salah satu alternatif kegiatan
pembelajaran dilaksanakan melalui pemanfaatan teknologi komputer dan internet. Seseorang
yang tidak dapat mengikuti pendidikan konvensional karena berbagai faktor penyebab,
misalnya harus bekerja (time
daya constraint), kondisi fisik yang tidak memungkinkan
(Physical constraint), tampung sekolah konvensional yang tidak memungkinkan
(limited availeble seats), phobia terhadap sekolah, putus sekolah, atau karena memang di
didik melalui pendidikan keluarga di rumah (Home school) dimungkinkan untuk tetap belajar,
yaitu melalui e-learning.
Peserta didik maupun dosen/
Bebera guru/ instruktur dapat memperoleh manfaat dari
penyelenggaraan e-learning. di antara manfaat E-learning adalah fleksibelitas
kegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi/ bahan pembelajaran,
maupun interaksi peserta didik dengan dosen/ guru/ instruktur, serta interaksi terhadap sesama
peserta Didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran.
Lembaga pendidikan konvensional (Universitas, sekolah, lembaga-lembaga pelatihan,
atau kursus-kursus yang bersifat kejuruan dan lanjutan) secara ekstensif telah menyelenggarakan
perluasan kesempatan belajar bagi ? Target audiance? Mereka melalui pemanfaatan teknologi
komputer dan Internet
Full Text:
PDFReferences
Angoro, Mohammad Toha, 2001. ?Tutorial
Elektronik melalui Internet dan Fax
Internet? Dalam Jurnal Pendidikan Terbuka
dan Jarak Jauh, Volume 2, No. 1, Maret
Tangerang: Universitas Terbuka.
Brown, Mary Daniels. 2000. Education World:
Tecnology in the Classroom: Virtual High
Schools, Part 1, The Voices of Experience
(sumber dari internet 16 September 2002:
http://www.educationworld.com/a_tech/tech052.shtml)
Daniel, Sir John. 2000. Inventing the Online
University. An Address on the occasion of
the opening of the Open University of Hong Kong Learning Center on 4
December 2000, in Hong Kong.
Feasey, Dave. 2001. E-Learning.
Eyepoppingraphics, Inc. (sumber dari
internet tanggal 20 Agustus 2002:
http://eyepoping.manilasistes.com/profiles/)
Hardhono, A.P. 2002. ?Potensi Teknologi
Komunikasi dan Informasi dalam
Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan
Jarak Jauh di Indonesia? dalam Jurnal
Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh Vol. 3,
No. 1 Maret 2002. Tangerang: Pusat Studi
Indonesia, Lembaga Penelitian Universitas
Terbuka.
Tucker, Bill. 2000. E-learning and Non-Profit
Sector, White Paper Discussion of the
Potential of E-learning to Improve NonProfit managemenrt Training, Washington,
SmarterOrg, Inc., (sumber dari internet:
www.smaterorg.com).
Wildavsky, Ben. 2001. ?Want More From Hing
Schol?? Special Report: E-Learning
/15/01, Sumber:
http://www.usnews/edu/elearning/articles).
DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v3i1.209
INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418