TOOLS
PERAN KETERAMPILAN MANAJER DALAM MENJAMIN PELAKSANAAN RENCANA KERJA
Abstract
Setiap perusahaan harus memiliki resource yang terdiri dari manusia (man), dana (money),
mesin (machine) dan bahan baku (material) yang kesemuannya dikombinasikan dan diatur
sedemikian rupa dengan metode dan skill (yang dimiliki oleh orang yang disebut manajer) untuk dapt
menghasilakan barang atau saja yang mempunyai kegunaan yang lebih besar dari semula. Sumbersumber tersebut didayagunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu. Struktur
organisasi menggambarkan pembagian tugas, wewnang dan tanggung jawab, sehingga dengan
adanya struktur organisasi yang baik maka pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab akan
baik.
Pada umumnya setiap perusahaan memperoleh informasi dari dua sumber yaitu dari dalam dan
dari luar perusahaan. Informasi didapat dari komunikasi internal dan eksternal baik secara formal
maupun informal. Dalam penyampaian informasi dilakukan dalam bentuk lisan dan tulisan dengan
komunikasi searah dengan dua arah.
Media komunikasi yang digunakan perusahaan meliputi ; surat, intercom, telephon, fax dan
radio telekomunikasi. Sedangkan sistim komunikasi yang dilaksanakan meliputi sistim komunikasi
tertulis, sistim komunikasi lisan, sistim komunikasi ke bawah dan sistim komunikasi ke atas. Media
komunikasi merupakan sarana pendukung untuk mewujudkan komunikasi yang baik, namun hal
yang utama untuk mewujudkan komunikasi yang baik adalah kemampuan berkomunikasi yang baik
adalah kemampuan berkomunikasi para komunikator dan komunikan.
Komunikasi merupakan sarana terwujudnya koordinasi, maksudnya koordinasi akan terwujud bila
komunikasi dapat dilaksanakan dengan baik.
mesin (machine) dan bahan baku (material) yang kesemuannya dikombinasikan dan diatur
sedemikian rupa dengan metode dan skill (yang dimiliki oleh orang yang disebut manajer) untuk dapt
menghasilakan barang atau saja yang mempunyai kegunaan yang lebih besar dari semula. Sumbersumber tersebut didayagunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu. Struktur
organisasi menggambarkan pembagian tugas, wewnang dan tanggung jawab, sehingga dengan
adanya struktur organisasi yang baik maka pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab akan
baik.
Pada umumnya setiap perusahaan memperoleh informasi dari dua sumber yaitu dari dalam dan
dari luar perusahaan. Informasi didapat dari komunikasi internal dan eksternal baik secara formal
maupun informal. Dalam penyampaian informasi dilakukan dalam bentuk lisan dan tulisan dengan
komunikasi searah dengan dua arah.
Media komunikasi yang digunakan perusahaan meliputi ; surat, intercom, telephon, fax dan
radio telekomunikasi. Sedangkan sistim komunikasi yang dilaksanakan meliputi sistim komunikasi
tertulis, sistim komunikasi lisan, sistim komunikasi ke bawah dan sistim komunikasi ke atas. Media
komunikasi merupakan sarana pendukung untuk mewujudkan komunikasi yang baik, namun hal
yang utama untuk mewujudkan komunikasi yang baik adalah kemampuan berkomunikasi yang baik
adalah kemampuan berkomunikasi para komunikator dan komunikan.
Komunikasi merupakan sarana terwujudnya koordinasi, maksudnya koordinasi akan terwujud bila
komunikasi dapat dilaksanakan dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Efendi, Onong, Uchjana, 1992, Ilmu Komunikasi
Teori dan Praktek, Bandung : PT.
Remaja Rosdakarya.
James, A,K, Stones, 1994, Manajemen, Edisi
Kelima, Yogyakarta : Intermedia.
The Liang Gie, 1993, Administrasi Perkantoran
Modern, Yogyakarta : Penerbit
Nurcahaya.
Wursanto, i,g 1997, Etika Komunikasi Kantor,
Yogyakarta : Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v3i1.210
Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.
INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418