PERANAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PERKEMBANGAN DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut
mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan
tersebut.
Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah
hadirnya teknologi informasi (TI).Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktifitas manusia pada
saat ini memang begitu besar, Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai
sektor kehidupan diama memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada
struktur opersai dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian.
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media teknologi
pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam
belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai. Upaya
pemecahan permasalahan pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas
pembelajaran, dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan penggunaan
media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kadar hasil belajar peserta
didik. Teknologi informasi digunakan sebagai media untuk mempermudah pencarian informasi
tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Bates, A.W.(1995). Tecnology, Open Learning and
Distance Education. London Routledge.
Belawati, T. (1996). The Effectiveness of Mediated
Counselling Services in Increasing
Students Persistence in Distance Education.
Proposal of URGE Project. The Young
Academic Program.
Borje Holmberg. (1995). Theory and Pratice of
Distance Education. London: Routledge.
Daniel, John. S.(1996). Mega Universities and
Knowledge Media: Technology Strategies for
Higher Education. London :Kongan Page.
Hannafin, M.J dan Peck K.L. (1998). The Design,
Development and Evaluatin of Instructional
Software. New York: Macmillan Publishing
Company.
Heinich, R.dkk. (1996), Instructional Media and
Technology for Learning. New Jersey:
Prentice Hall, inc.
Idris, N.dkk. (1987). Pemanfaatan Media untuk
Kegiatan Intraktif dalam PJJ bagi Para Guru
yang Belajar di UT. Kumpulan Makalah
Seminar Nasional Pemanfaatan Jaringan
Komunikasi Pendidikan. 9-10 September
Jonassen, D.H.(Ed). (1996). Educational
Communication and Technology. New York:
Mc Millan Publishing Co.
Kemp,J.E.dan Dayton D. K (1985). Planning and
Producing Instructional Media. New York:t
Harper & Row Publisher.
Mason, R. (1994). Using Communications Media in
Open and Flexibel Learning Londong: Kogan
page
Perry ,W. Dan Rumble, G. (1987). A Short Guide to
Distance Education. New York Mc Millan
Publishing Co.
Priyanto, I.F, (1997). Internet Sebagai Basis
Pendidikan Jarak Jauh. Makalah dalam
Seminar Nasional Pemanfaatan Jaringan
Komunikasi Pendidikan. Universitas
Terbuka.
Sri Hartati dan Nazief, B.(1997). UI Mengantisipasi
Pendidikan Masa Depan. Makalah dalam
Seminar Nasional Pemanfaatan Jaringan
Komunikasi Pendidikan. Universitas
Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418