EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI KOTA PADANG

Elqie Melati Sukma Syah, Fahmi Rizal, Hansi Effendi

Abstract


Based on preliminary observations, the implementation of Curriculum 2013 on digital simulation subjects is suspected to still experience obstacles. Obstacles that occur related to the elements in the implementation of Curriculum 2013 namely human resources (teachers and students) and facilities infrastructure. The purpose of this study is the evaluation of Curriculum 2013 implementation using Context-Input-Process-Product (CIPP) model. This research is a program evaluation study with CIPP evaluation model. The method used is Mixed Method with concurent triangulation design. Quantitative data collection techniques in the form of questionnaires, while qualitative data in the form of interviews, observation and documentation. The population was taken from SMK Negeri Kota Padang using the curriculum 2013and the sample was taken randomly by Simple Random Sampling method. Quantitative data were analyzed by scoring techniques and qualitative data were analyzed by analytical techniques according to Miles and Huberman. The results showed that the implementation of Curriculum 2013 on Digital Simulation Subjects at SMK Negeri 2 Padang, SMK Negeri 8 Padang, and SMK Negeri 9 Padang stated very well with the results of quantitative data analysis declared valid and reliable, and supported with the results of qualitative data analysis. Based on the research findings of quantitative and qualitative combination methods it is recommended that the 2013 Curriculum implementation be mutually reinforcing and can be continued for the next year by making improvements.


Keywords


Curriculum 2013, Digital Simulation, CIPP Evaluation Program, Mix Method.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi & Safruddin, Cepi Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badrun Kartowagiran, Amat Jaedun, dan Heri Retnowati. 2013. Penelitian Evaluasi Pendidikan yang berjudul “Kesiapan SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk Mengimplementasikan Kurikulum Tahun 2013â€.

Http://nugrahaheru.com/pengertian-simulasi-digital/. Diakses pada 16 Juli 2017 pukul 14.09 WIB.

Jacoba Matital. 2009. Tesis dengan judul “Evaluasi Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Ambonâ€.

Kemendikbud. Dokumen Kurikulum 2013. http://tania.fkip.uns.ac.id. Diunduh pada pukul 13.15 WIB, 01 Oktober 2016.

Kemendikbud. Salinan Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013. http://aristwn.staff.stainsalatiga.ac.id. Diunduh pada pukul 12.05 WIB, 20 Oktober 2016.

Kemendikbud. Salinan Peraturan Pemerintah RI Nomor 69 Tahun 2013. http://aristwn.staff.stainsalatiga.ac.id. Diunduh pada pukul 12.05 WIB, 20 Oktober 2016.

Neng Citra Mayasari. 2014. Skripsi yang berjudul “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri Di Kabupaten Slemanâ€

Priyatno, Dwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.

Stufflebeam, D.L. & Shinkfield, A.J. 2007. Evaluation Theory, Models, Applications. San Francisco: Jossey-Bass.Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Suprapti. 2009. Tesis yang berjudul “Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bahasa Indonesia SD di Kota Surakartaâ€.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Depok: Rajagrafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v9i3.2192

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418