Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X TKJ Di SMK Negeri 2 Padang

Widia Sagita, Irsyadunas Irsyadunas, Adlia Alfiriani

Abstract


This learning media development research aims to produce learning media products that are valid and practical so that they are suitable for use in informatics learning class X at SMK Negeri 2 Padang. The method used in this research and development (Research and Development). With the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The source of the data in this study was to carry out a feasibility test in the form of validation using a material validation questionnaire carried out by 3 experts namely, 2 class x informatics teachers at SMK Negeri 2 Padang and 1 lecturer from the informatics education study program, 3 media experts namely a lecturer in the informatics education study program. Data analysis was performed using a Likert scale measurement. With 4 answer options (very valid, valid, less valid, invalid). After these measurements, the material validation results were 89%, media expert validation was 91%. From the results of the analysis it can be concluded that the development of TikTok-based learning media is in very valid and practical criteria and can be used in learning activities in class X informatics subjects. TKJ at SMK Negeri 2 Padang.


Keywords


Development, Learning Media, TikTok.

Full Text:

PDF

References


Adam, S., Kom, S., Msi, M., Syastra, M. T., Kom, S., & Si, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS, 3(2), 78–90.

Ardiyanti, H., Kustandi, C., & Cahyadi, A. (2021). Efektivitas model pembelajaran daring berbasis tiktok. Komunikasi Profesional, 5(3), 285–293.

Ari, Y. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Cakrawala Pendas, I(1), 53–57.

Aryadillah, M. ., & Fitriansyah, F. (2017). TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN (Teori & Praktik) (Vol. 15, Issue 2).

Citra, A., & Dwi, D. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Eduactio, 7(3), 1127–1134. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1317

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/521

Irsyadunas, I. (2020). Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemrograman Web. Vol 7, No.

Irsyadunas, I., Mary, T., Maizeli, A., & Lina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Sintak Model Pembelajaran Abad 21 Berbasis Mobile. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8(1), 46–59. https://doi.org/10.22202/jrfes.2021.v8i1.4845

Juhandra, S., Mulyono, H., & Irsyadunas. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dasar Desain Grafis dengan Strategi Edutainment berbantuan CD Pembelajaran Interaktif untuk Kelas X Multimedia SMK N 4 Padang.

Jumadi, F., Agung, A., & Putra, N. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440.

Kurniawan, A., & Pusptaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Marsuki , Sukma, M. N. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Kemampuan HSKK Peserta Didik. Mandarin Learning and Teaching, 4(2), 70–74.

Nur Ainun Hasibuan. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team-Assisted Individualization) Terhadapkemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Smp Negeri 3 Padangsidimpuan. MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 33–41.

Prianto, A., Winardi, & Umi, Q. (2021). Tentang Efektivitas Pendidikan dan Kewirausahan di SMK. PUSTAKA ILMU.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Komunikas Pendidikan, 2(2), 103–114.




DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v11i2.4227

Hasil gambar untuk committee on publication ethics logo

Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE)dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi. Pernyataan ini menjelaskan etika perilaku semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Mitra Bebestari, dan Penerbit (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). INFORMATIKA berkomitmen untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

 

INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855

Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418