Perancangan Pembelajaran Media Animasi (Studi Kasus SD Negeri 22 Rantau Utara) Dengan Menggunakan Adobe Flash
Abstract
Dalam era digital seperti sekarang adalah zaman yang maju. Dalam kemajuan tersebut didukung oleh teknologi yang berkembang pesat. Komputer dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan minat dan antusias peserta didik. Media pembelajaran berbasis komputer dapat menyajikan materi pembelajaran secara visual dan audio yang lebih menarik dan mudah dipahami. Selain itu, media pembelajaran berbasis komputer juga dapat memberikan umpan balik secara langsung kepada peserta didik, sehingga dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran dengan lebih baik , tempat penelitian SDN 22 Rantau Utara merupakan salah satu sekolah Dasar Negeri di daerah Pulo Padang yang beralamat di Pasir Tinggi, kecamatan rantau utara kabupaten labuhanbatu sumatra utara. SDN 22 Rantau Utara. Penelitian ini menggunakan Adobe Flash sebagai aplikasi perancangan animasi pengenalan huruf dan angka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 47–57.
Anyan, Kwintiana, B., Haetami, A., Safar, M., Sa’idah, S., & Fradi, J. (2023). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 5(1), 132–142. https://doi.org/10.37034/jidt.v5i1.292
Ariansyah, & Arif. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Tata Cara Shalat Wajib Sesuai Sunnah Nabi Muhammad Saw Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Proffesional Cs6 Di Sma Negeri 1 Gunung Megang. JSK (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputerisasi Akuntansi), 4(2), 24–28. https://doi.org/10.56291/jsk.v4i2.52
Ghofur, A., Fuad, E., & Mukhtar, H. (2020). Rancang Bangun Module Media Pembelajaran Bentuk Aljabar Berbasis Mobile. Jurnal Computer Science and Information Technology, 1(1), 21–27.
Rihyanti, E., Diana, D., & Saefudin, M. (2020). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Warna Dan Bangun Datar Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs 6.0. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi STI&K (SeNTIK), 4(1), 209–216.
Riyan Maulana, Risma Zaizafun Ismi, L. (2020). Rancangan Animasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Ke Indonesia Untuk Anak Usia Dini Berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer Dan Informatika (J-SAKTI), 4(September), 379–385.
Situmorang, R., & Prastyo, T. D. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Taman Kanak-Kanak. 1–10. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/181/3/RINIANTI SITUMORANG_PI_AR2020.pdf
DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v12i3.6030
INFORMATIKA
Journal URL: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informatika
Journal DOI: 10.36987/informatika
P-ISSN: 2303-2863
E-ISSN: 2615-1855
Alamat Redaksi :
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Labuhanbatu
Gedung Fakultas Sains dan Teknologi,
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418